Pemkot Beri Bantuan Korban Kebakaran di Gunung Bugis

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Paska kebakaran di RT 2, 3 dan 4, kawasan Gunung Bugis, Kelurahan Baru Ulu yang terjadi Sabtu (5/6) malam yang menyisakan duka, dan kini ditindaklanjuti dengan laporan langsung oleh Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud di posko bencana yang berlokasi di halaman masjid Al Ula, Minggu (6/5/2021).

Adapun yang diberikan berupa bantuan sembako dan selimut yang berasal dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Balikpapan. “Ada BPBD dan Dinsos membantu masyarakat dalam hal ini kita sudah bangun posko. Bagi yang mau tinggal disediakan posko dari pemerintah kota (Pemkot),” ucapnya Minggu (6/6/21).

Wali Kota juga menyampaikan, untuk bantuan uang sewa, dilakukan pendataan korban pihak kelurahan untuk sewa rumah. Ia juga mempersilakan bagi masyarakat yang memiliki kepedulian untuk datang ke posko bencana tersebut.

Baca juga  Gelandang Kebersihan Wilayah Klandasan Ilir, Balikpapan Kota

“Saya berterima kasih pada ketua LPM. Untuk korban yang mengungsi di sini tapi lebih banyak mengungsi ke rumah saudara,” terangnya.

Dia juga mengingat warga dan petugas posko untuk tetap menerapkan prokes.

“Tetap gunakan masker ya pak,” pesan Wali Kota.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Balikpapan (Sekda), Sayid MN Fadli mengungkapkan, bantuan untuk keluarga korban meninggal dunia, berupa uang sekira Rp 5 juta yang dapat digunakan untuk penguburan dan fardu kifayah.

“Kalau korban lain akan mendapatkan bantuan seperti sembako, selimut, dan lainnya dari Dinsos. Nanti kita data lagi, mereka akan mendapatkan bantuan uang sewa rumah dan seragam anak sekolah. Sumbernya dari dana bantuan tak terduga,” ungkap Sekda.

Baca juga  Tabrakan Beruntun, Dua Orang Meninggal Dunia

Ia juga mengimbau masyarakat yang peduli untuk datang ke posko memberikan bantuan. Namun bantuan yang diberikan juga yang dibutuhkan.

“Seperti sembako, pakaian layak, alat masak,” katanya.

Dan sebagai informasi, dalam peristiwa kebakaran yang berlangsung pukul 23.30 Wita (5/6/) tersebut sebanyak 46 KK kehilangan tempat tinggal atau 163 jiwa. Untuk data sementara terdapat 21 rumah habis terbakar, 1 rumah terdampak. 46 KK dan 163 jiwa, 1 meninggal dunia atas nama Haruna umur 55 tahun. (to)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana