Rakorda Sinkronisasi Komunikasi dan Informatika, Isran: Saatnya Bangun Keterbukaan Informasi Publik

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim menggelar rapat koordinasi daerah (Rakorda) Bidang Komunikasi dan Informatika Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Timur (Kaltim) dengan tema Optimalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam mendukung kinerja Pemerintah Daerah di Hotel Novotel Balikpapan, Kamis (17/6).

Rakorda bertujuan untuk sinkronisasi kegiatan-kegiatan serta inventarisasi dan pemetaan permasalahan dan solusi pada masing-masing Diskominfo Provinsi Kaltim maupun Diskominfo Kabupaten/Kota, yang dibuka langsung Gubernur Kaltim Isran Noor.

Saat membuka Rakorda Isran mengatakan, kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat cepat perkembangannya tidak dapat bendung. Dari kondisi ini, masyarakat harus berpacu untuk mengikuti perkembangan TIK, kalau tidak mau tertinggal.

Baca juga  Komandan Pangkalan TNI AL Balikpapan, Kini Dipimpin Kol Laut Siswo Widodo

“Revolusi industri dibidang TIK 4.0 begitu cepat, saat ini apakah capaian kita sudah sama, sudah melewati atau masih tertinggal. Karenanya kita kita terus memacu kecepatan mengejar kemajuan TIK dalam melakukan kegiatan-kegiatan kita,” kata Isran.

Lebih lanjut Isran Noor mengharapkan Rakorda ini dapat mencapai hasil yang dapat mendukung kinerja. Keterbukaan informasi harus dibangun di semua intansi untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik walaupun dengan pelan-pelan, karena kita menyadari tidak mungkin dilakukan langsung seratus persen.

Isran juga mengharapkan rakorda ini juga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bidang komunikasi dan informatika.

Dalam Rakorda ini diharapkan dapat membuat rekomendasi terkait pelaksanaan tugas dan fungsi bidang komunikasi dan informatika. Kegiatan Rakorda dibagi menjadi lima desk, yaitu desk TIK, desk Aplikasi Informatika (APTIKA), desk Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), desk Statistik dan desk Persandian. (ven)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana