Giliran Warga Pesisir TPI Manggar di Vaksinasi Lanal Balikpapan

BALIKPAPAN,PROKALTIM – TNI AL terus menggelar vaksinasi Covid-19 di Balikpapan. Salah satunya di daerah pesisir, di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Manggar Baru Kecamatan Balikpapan Timur. Dalam kegiatan vaksinasi ini dilakukan video confrence dengan KASAL terkait pelaksanaan serbuan vaksinasi yang dilaksanakan hari ini dengan sasaran masyarakat nelayan.

Serbuan vaksinasi itu dilakukan untuk mendukung program pemerintah terkait dengan serbuan satu juta vaksin perhari sesuai dengan perintah Presiden RI Joko Widodo dan juga Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Hari ini dilakukan oleh Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, melaksanakan serbuan vaksin bagi seluruh masyarakat pesisir yang berada disekitar TPI Manggar Baru. Juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecalle, serta Kepala Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DP3) Balikpapan Heria Prisni.

Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, mengatakan, sesuai dengan instruksi presiden, TNI dan Polri dilibatkan dalam rangka percepatan vaksinasi nasional sehingga serbuan vaksinasi ini sudah berlangsung sejak tanggal 26 Juni yang lalu dan dilakukan oleh Lanal Balikpapan dibeberapa lokasi terutama di daerah pesisir yang merupakan binaan dari Lanal Balikpapan. “Kami sudah melaksanakan kegiatan ini di Penajam Paser Utara (PPU), sebelum di TPI Manggar,” kata Siswo Widodo kepada media, Selasa (6/7).

Baca juga  Jokowi Tinjau Vaksinasi Pelajar di Samarinda

Siswo juga menyampaikan, sesuai instruksi Presiden dalam satu hari ada satu juta dosis vaksin untuk masyarakat seluruh indonesia. Dan serbuan vaksinasi akan terus dilaksanakan sampai dengan akhir Juli mendatang. Jadi seluruh wilayah Indonesia ada Desa binaan yang dibina oleh Angkatan Laut untuk dijadikan Kampung Bahari Nusantara. Dilakukannya vaksinasi di daerah pesisir mengarah pada salah satu program KASAL TNI AL adanya Kampung Bahari Nusantara.

“Agar Lanal melaksanakan vaksinasi sesuai dengan tupoksinya dan lebih ke arah masyarakat yang bermukim disekitar pesisir, dan juga dengan instruksi dari KASAL TNI AL,” ucapnya.

Menurut Danlanal ditanya berapa jumlah vaksinasi hari ini di TPI Manggar, ada 200 dosis vaksin yang disiapkan untuk masyarakat. “Sehari kami melaksanakan vaksinasi fluktuatif, melihat dosis vaksin yang diberikan ke Lanal, dan dengan rata-rata dalam sehari Lanal Balikpapan dapat 200-300 dosis vaksin untuk disalurkan,” terangnya.

Baca juga  Pengen Kolesterol dan Asam Urat Tinggi Turun? Inilah Caranya

Dan dia juga menghimbau, bagi warga yang sudah datang ke TPI Manggar tapi belum terdata, tidak perlu khawatir, untuk sementara mendaftarkan diri terlebih dahulu nanti didata dan nanti akan disampaikan kapan pelaksanaan vaksinasi selanjutnya,” terangnya.

Sementara itu, salah satu warga nelayan Lika mengungkapkan, cukup baik buat kesehatan atas pemberian vaksin bagi warga nelayan dan pesisir.

“Alhamdulillah hari ini sudah mendapatkan suntikan vaksin pertama dan saya sudah lama menantikan pemberian vaksin ini,” ucapnya.

Menurut Lika, kita ikuti peraturan pemerintah, untuk pemberian vaksin dan bukti sertifikasi ini sangat penting karena saat ini salah satu persyaratan untuk perjalanan luar kota yang diberlakukan pemerintah selain swab PCR. (to)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana