Search
Search
Close this search box.

Inilah ke 108 Pasukan Tentara Amerika Mendarat di Bandara Sepinggan

Tentara Angkatan Darat Amerika di Bandara Sepinggan Balikpapan. (Foto: Dispenad)

BALIKPAPAN, PROKALTIM – Pemandangan tidak biasa nampak dari gedung kedatangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepingan Balikpapan. Sebanyak 108 pasukan Tentara Amerika, memenuhi suasana Bandara dan mendapat perhatian dari pengunjung lainnya.

Ada apa? Ternyata kedatangan ke 108 tentara AS ke Balikpapan, untuk mengikuti Latihan BersamaGaruda Shield” ke 15/2021, yang merupakan latihan terbesar dalam sejarah kerja sama antara TNI AD dengan Tentara AD Amerika Serikat. Demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan, Brigjen TNI Tatang Subarna dalam keterangan pers tertulisnya, Senin (26/7).

Namun, kedatngan pasukan tentara Amerika ini wajib menjalankan Potokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 yang sangat ketat, setelah mendarat di Bandara.

Baca juga  TKI Asal Balikpapan Terpapar Varian Baru B117
Kedatangan US Army melalui prokes ketat. (Foto : Dispenad)

Tatang menjelaskan, latihan bersama ini akan digelar dari tanggal 4 sampai dengan 14 Agustus 2021, dan digelar di tiga daerah latihan tempur Baturaja, Makalisung termasuk di Puslatpur Amborawang, Balikpapan.

“Tujuan dari latihan bersama ini adalah untuk meningkatkan kerja sama dan kemampuan prajurit TNI AD dengan AD Amerika Serikat dalam pelaksanaan tugas operasi,” jelas Brigjen TNI Tatang Subarna.

Di wilayah Kodam VI/Mulawarman latihan ini akan melibatkan penyelenggara dan pelaku sebanyak 250 personel TNI AD dan 122 personel US Army.

Pemeriksaan terhadap Tentara Amerika oleh Petugas Kesehatan Covid-19. (Foto: Dispenad)

“Untuk kedatangan US Army di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan ini menggunakan satu pesawat.” ujar Tatang.

Seluruh personel US Army yang datang telah divaksin Covid-19, setibanya di Balikpapan akan dilaksanakan test PCR dan dikarantina selama 8 hari di Markas Yonif Raider 600/Modang. Selain prokes yang ketat dari Satgas Covid-19, ketentuan-ketentuan yang berlaku juga diterapkan terhadap para tentara Amerika Serikat tersebut, seperti pemeriksaan dari pihak Bea Cukai dan Imigrasi untuk mewujudkan pelaksanaan latihan aman dan tertib. (to)

Baca juga  TGUP3 Gerak Cepat Kawal Pembangunan Subsektor Pangan Kaltim

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

1 thought on “Inilah ke 108 Pasukan Tentara Amerika Mendarat di Bandara Sepinggan”

  1. Negera Maju, Negara taat azas dan aturan.. menghormati Aturan Negera yang dituju, pertanyaannya pengunjung dari negara lain apakah dilakukan sama bro…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]