Search
Search
Close this search box.

Kolam Bekas Tambang Jebol, Air Limpas Rendam Pemukiman

Lokasi kolam tambang yang jebol (ist/prokaltim.com)

SAMARINDA, PROKALTIM- Kolam bekas tambang batu bara jebol, berdampak pada pemukiman rendah disekitarnya, terlihat beberapa rumah dan akses jalan warga tergenang air  sejak Jumat (2/6) di Kelurahan Loa Bahu Rt 16.

Dalam Pantauan Prokaltim.com pada Minggu (4/7), ternyata bukan hanya karna faktor curah hujan saja, melainkan ada faktor lain yaitu jebolnya kolam bekas tambang batu bara.

Lurah Loa Bahu, Sukarman membenarkan kejadian tersebut, hal ini terjadi karena air limpasan ex kolam tambang PT. Transisi Energi Kontraktor dengan luas sekitar 4 hektare dengan jarak sekitar 3 Km dari Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 yang berada di RT.17.

“Sudah sekitar sebulan, kolam bekas tambang itu jebolnya, itu perbuatan dari orang yang menjaring ikan mengupas bibir kolam atas hingga menembus jalur kolam bawah ditambah curah hujah yang tinggi mengakibatkan air limpas hingga kepemukiman warga,” Ucap Lurah Loa Bahu Sukarman.

Baca juga  Biaya Makam Jenazah Covid-19 Melambung Tinggi, Dibandrol Rp 4 Juta Satu Liang Lahat

Ditanya tentang video yang beredar berdurasi 20 detik yang menggambarkan suasana dilokasi kejadian, pihaknya menyebut kalau video itu diunggah oleh seorang pencari ikan di lokasi kejadian yang tidak diketahui identitasnya.

“Ya, video itu di upload dari salah seorang pencari ikan disana (lokasi kolam) yang kita tidak tau identitasnya,” Tambah Lurah Loa bahu.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Kelurahan telah meminta bantuan kepada PT. Bukit Baiduri Energi untuk menutup kembali titik jebol itu. (Sam/adl)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]