Oksigen Langka, RSKD Atma Husada Miliki Alat Oksigen Generator

SAMARINDA, PROKALTIM- Kelangkaan tabung oksigen hingga antrian pengisian membuat para tim medis kelimpungan dalam menangani pasien Covid-19 yang kian membludak.

Kebutuhan oksigen menjadi isu utama di Samarinda, membuat tim medis berebut stok oksigen dengan pelaku bisnis lainnya untuk mendapatkan oksigen, namun kebutuhan masih saja belum tercukupi.

Tidak hanya itu, beberapa kali sejumlah rumah sakit menolak pasien karena ketersediaan oksigen kosong.

Sementara di sisi lain, pihak rumah sakit mau tak mau harus melayani pasien. Dari situlah muncul ide untuk melakukan inovasi agar menciptakan solusi agar pasien mendapatkan oksigen. Salah satunya dilakukan RSKD Atma Husada Mahakam, Jalan Gurami, Kelurahan Sungai Dama, Kecamatan Samarinda Ilir.

Baca juga  Breaking News! Kebakaran di Sengkotek Nenek 61 tahun, Terbebas Dari Kobaran Api

Direktur RSKD Atma Husada Mahakam, dr H Jaya Mualimin menjelaskan, pasien Covid-19 dengan status gejala berat membutuhkan ventilator atau alat bantu pernapasan.

Kebutuhan oksigen menjadi sangat penting disaat seperti ini, dan kemampuan rumah sakit untuk dapat menyediakan gas oksigen dengan kualitas terbaik dan efisien dapat di penuhi dengan memiliki mesin oksigen generator mandiri.

“Karena kebutuhan oksigen terus menerus jadi yang bisa kami adopsi. Saat ini kami membuat oksigen konsentrat yang dihasilkan dari alat bernama oksigen generator,” kata Jaya, Selasa (27/7/2021).

Generator oksigen adalah alat atau mesin yang dapat menghasilkan oksigen O2 dengan tingkat kemurnian yang diinginkan. Cara kerja oksigen generator adalah dengan menyaring oksigen dari udara disekitarnya, memisahkan antara oksigen dan nitrogen dari udara.

Baca juga  4 Hari Tak Ada Kabar, Ditemukan Tewas Menggantung

“Kelangkaan pengadaan gas tabung oksigen adalah sesuatu yang harus dihindari. Untuk menjaga hal ini tidak terjadi, maka oksigen generator menjadi pilihan kami. Kemampuan mesin generator oksigen untuk memproduksi oksigen ditempat (dirumah sakit langsung) dapat menjamin keberadaan oksigen akan terus ada pada saat dibutuhkan oleh pasien,” terang Jaya.

Dengan waktu operasi mesin selama 1 jam menghasilkan 3000 liter per jam dengan kadar 99 % oksigen. “Saat ini Oksigen yang dihasilkan dari Oksigen Generator dialirkan ke ruang Intensive Care Unit (ICU) dan High Care Unit (HCU),” jelas Jaya. (sam/adl)

Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana