Search
Search
Close this search box.

Pemerintah Gandeng Produk Lokal, Pengadaan Laptop Rp 17 Triliun untuk Sekolah

Inilah beberapa Laptop produk lokal Indonesia.

JAKARTA, PROKALTIM Sebesar Rp 17 triliun adalah anggaran yang akan dibelanjakan pemerintah untuk pengadaan laptop hingga speaker buatan dalam negeri pada bidang pendidikan. Anggaran tersebut disiapkan untuk pengadaan produk teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) hingga 2024.

“Jadi selama empat tahun ke depan kita akan belanjakan segitu banyak. Kita mau ini sebanyak mungkin secara bertahap buat dalam negeri,” kata Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers, Kamis, 22 Juli 2021.

Seperti dilansir dari Tempo, Luhut mengatakan belanja pemerintah untuk produk dalam negeri pada bidang pendidikan, khususnya TIK, masih rendah jika dibandingkan produk impor. Karena itu, Luhut menegaskan akan membasmi orang-orang yang bermain impor produk TIK.

Baca juga  Apresiasi Tenaga Medis, PLN Kunjungi Fasilitas Kesehatan Penanganan Covid-19

Pemerintah telah memetakan kebutuhan produk TIK untuk PAUD, SD, SMP, SMA, SLB, dan SMK untuk tahun anggaran 2021-2024. Produk tersebut antara lain 1,3 juta unit laptop, 99 ribu access point, 99 ribu konektor, 99 ribu LCD proyektor, 12 ribu layar proyektor, dan hampir 13 ribu speaker aktif.

Untuk anggaran 2021, total kebutuhan Kemendikbudristek dan pemerintah daerah untuk pengadaan laptop sejumlah 431.730 unit dengan anggaran Rp 3,7 triliun. Dari total kebutuhan, sebanyak 189.165 unit laptop diadakan melalui APBN 2021 senilai Rp 1,3 triliun, dan 242.565 laptop senilai Rp 2,4 triliun melalui DAK fisik pendidikan. Saat ini, telah dilakukan penandatanganan kontrak atas penggunaan produk dalam negeri senilai Rp 1,1 triliun.

Baca juga  Demi Pemerataan Pendidikan Balikpapan, Subari: Dukung Pemkot Subsidi Siswa di Sekolah Swasta

Menurut Luhut, terdapat enam produsen laptop dalam negeri dengan nilai tingkat kandungan dalam negeri 25 persen dan telah dapat memenuhi kebutuhan pengadaan Kemendikbudristek dan Pemda pada tahun ini. 

Enam produsen itu antara lain PT Zyrexindo Mandiri Buana, PT Tera Data Indonusa, PT Supertone, PT Evercoss Technology Indonesia, PT Bangga Teknologi Indonesia, dan Acer Manufacturing Indonesia.

Luhut mengungkapkan kesiapan produksi laptop dalam negeri ini adalah 351 ribu unit pada September 2021, dan total sebanyak 718.100 unit pada November 2021. (ria/cow)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]