Serbuan Vaksinasi oleh Pangkalan TNI AL Balikpapan di Pelabuhan Semayang Menarget TKBM, Petugas Pelabuhan

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Serbuan Vaksinasi di Pelabuhan Semayang Kota Balikpapan yang pada hari ini memasuki hari ke 2 (dua) Tim kesehatan Lanal Balikpapan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan melaksanakan serbuan vaksin yang kali ini menarget Para Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) serta petugas pelabuhan. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyikapi program pemerintah sebagai salah satu langkah efektif untuk menekan korban terjangkit dan mencegah penyebaran di wilayah kota Balikpapan. Dalam kegiatan ini hadir meninjau langsung Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, bertempat di Pelabuhan Semayang Balikpapan Rabu (30/6).

Kegiatan serbuan vaksin ini Pada dasarnya diperuntukan bagi seluruh masyarakat Kota Balikpapan yang belum melaksanakan vaksinasi pada serbuan vaksin gelombang pertama yang lalu. Namun tujuan utama pada hari ini adalah melaksanakan vaksin bagi orang-orang yang bekerja di wilayah pelabuhan seperti TKBM, Petugas pelabuhan, Karyawan maupun pedagang sekitar pelabuhan dan program serbuan vaksin ini merupakan bagian dari program 1 juta vaksin yang dicanangkan Pemerintah. Tim kesehatan dari Balai Kesehatan Pangkalan TNI AL Balikpapan yang dipimpin oleh Lettu Laut (K) dr M Ridwan bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan melaksanakan vaksinasi yang dimulai pada pukul 09.00 Wita sampai dengan pukul 12.00 Wita.

Baca juga  Lanal Balikpapan Serbu Pelabuhan Semayang dengan 350 Dosis Vaksin

Dalam Kegiatan serbuan vaksin hari ini, tim kesehatan Pangkalan TNI AL Balikpapan menerapkan 3 tahapan sebelum proses vaksinasi. Yang pertama yaitu, pendaftaran pasien, yang kedua tekanan darah dan pengecekan kesehatan secara umum, dan apabila tekanan darah dinyatakan normal dan kondisi fisik dinyatakan sehat maka pasien dapat menuju meja vaksinator untuk menerima vaksin dan selanjutnya akan menerima sertifikat sebagai tanda sudah divaksin, jenis vaksin yang digunakan merupakan vaksin sinovac. Bagi para calon penerima vaksin hanya perlu mendaftarkan KTP dan Nomor Handphone sebagai syarat pendaftaran.

Danlanal Balikpapan dalam Penyampaianya saat diwawancarai media mengatakan, bahwa kegiatan serbuan vaksin ini merupakan langkah kita untuk mendukung program 1 juta vaksin yang dicanangkan pemerintah, dan akan dilaksanakan sampai dengan akhir Juli. “Untuk kegiatan kali ini mengapa kita menarget masyarakat yang bekerja dipelabuhan adalah karena mereka adalah orang-orang yang rentan terhadap penularan virus Covid-19 melalui kontak langsung dengan penumpang kapal yang datang dari berbagai wilayah. Sehingga hal ini sangat krusial dan harus segera di antisipasi,” kata Danlanal Balikpapan.

Baca juga  1.250 Dosis Vaksin bagi Warga Graha Indah. Bang Doel: Akan Sasar Kelurahan Lain

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Dandenpomal Lanal Balikpapan Mayor Laut (PM) Untung Sutrisno, Dan unit intel Lanal Balikpapan Lettu Mar Arif Simamora. (to)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana