Inilah Kemeriahan Sport and Culture Day, Tanding Tentara Amerika vs Indonesia

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Agenda akhir Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield-15/2021 antara TNI AD dan US ARMY yakni menembak peluru tajam, senjata mortir 60 dengan jarak 2,5 meter di Amborawang Kamis (12/8) kemarin selesai. Kini sesi terakhir dimana TNI AD bersama US Army melaksanakan Sport and Culture Day, pasukan kedua negara olahraga bersama dan memperkenalkan budaya masing-masing, berlangsung di Markas Batalyon Infanteri Raider 600/Modang Kodam VI/Mulawarman, Manggar Kecamatan Balikpapan Timur, Kalimantan Timur (Kaltim), pada Jumat (13/8).

Kemeriahan hari ini dihadiri Gubernur Kaltim H Isran Noor, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Hariyanto, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dan undangan yang telah hadir.

Gelaran acara olahraga dan lomba yang akrab menjadi pemandangan menjelang memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia.

Foto peserta garuda Shield 2021 bersama Kasad TNI beserta Istri. (Foto: Ato)

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa didampingi Ibu Hetty Andika Perkasa juga Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto melihat secara langsung kegiatan Sport and Culture Day di Yonif 600 R/Modang Balikpapan, Kaltim. Pada kegiatan sport day tersebut berbagai kegiatan yang diselenggarakan antara lain lomba bakiak, floating carpet, dragon snake dan tarik tambang.

Kasad Jenderal Andika Perkasa mengatakan, saat datang di Yonif R 600/Mdg ini saya sempat melihat pertandingan tarik tambang oleh Prajurit TNI AD dan US Army, ada kebersamaan dan hubungan yang sangat dekat antara prajurit TNI AD dan US Army. Menurut Kasad, perbedaan Alutsista dan dan teknik pertempuran bisa dipelajari tapi yang tidak bisa terlewatkan dari latihan ini adalah ikatan, kerjasama dan persaudaraan.

Baca juga  Meminta Dishub Buat Rekayasa Lalu Lintas Tanjakan Rapak
Tarik tambang antara tentara Amerika lawan Indonsia. (Foto: Ato)

“Saya sangat senang dengan apa yang telah dicapai. Saya ingin persaudaraan dan persahabatan ini terus berlanjut. Prajurit Yonif 600 R/Mdg terus berkomunikasi, saling tukar nomor HP sehingga persahabatan ini terus berlanjut,” kata Kasad.

Sementara itu Gubernur Kaltim Isran Noor dengan sambutannya mengatakan, dengan rasa bangganya karena wilayah Kaltim menjadi tempat penyelengara Latma Garuda shield-15/2021.

Prajurit Amerika turut serta tari bersama. (Foto: Ato)

“Latma ini adalah tempat latihan kita ini dekat dengan calon Ibu Kota Negara yang baru, dan ini adalah sebuah penghargaan yang didapat oleh masyarakat Kaltim,” katanya.

Gubernur Kaltim juga menyampaikan, dengan penuh canda dan tawa para undangan khususnya Kasad yang dipanggil Panglima. Dan dia juga memperkenalkan kepada salah satu US Army Kapten David dan Hariet untuk dapat mengunjungi daerah Kalimatan lain.

“Pulau yang juga sangat indah, bahkan menurutnya lebih baik dari kepulauan Hawai. Yaitu, pulau Derawan, Maratua, Kakaban yang juga sangat indah seperti pulau Maldives,” ucapnya.

Baca juga  4 Hari Hilang, Anak 8 Tahun, yang Hilang Saat Banjir, Ditemukan Tertelungkup 80 Meter dari Titik Hilang

 

Sport and Culture Day di Baturaja dan Bitung

Tidak kalah menarik dengan yang ada di Yonif 600 R/Mondang Balikpapan, Sport and Culture Day juga berlangsung cukup meriah dan penuh keakraban antara prajurit TNI AD dan US Army di lapangan Aula Garuda Puslatpur Baturaja. Setelah melaksanakan senam aerobic, para prajurit TNI AD dan US Army yang selama 2 minggu yaitu dari Tanggal 1 sampai dengan 12 Agustus 2021 terlibat latihan bersama Garuda Shield 15/2021 ini, melaksanakan pertandingan berbagai cabang olahraga, seperti bola voli, tenis meja dan sepak takraw.

Dalam kegiatan tersebut, juga ditampilkan berbagai kesenian daerah yang menjadi ciri khas Indonesia, meliputi Tari Daerah Baturaja, Tari Kulintang, Rampak Gendang, Pencak Silat, Angklung, dan atraksi bela diri dari prajurit TNI AD.

Sedangkan para prajurit TNI AD dan US Army yang selama 2 minggu telah terlibat latihan Garuda Shield–15/2021 di daerah latihan Makalisung, tidak ketinggalan juga melaksanakan sport day yang digelar di lapangan Rindam XIII/Merdeka, Bitung dengan menampilkan beberapa pertandingan olah raga, seperti bola voli, sepak bola, sepak takraw dan tarik tambang. (dispenad/to)

Parade Foto Kegiatan Sport and Culture Day :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana