Jalanan TNI Manunggal Membangun Desa Transad KM 8 Mulai Rusak, Nurhadi: Semoga Tahun Depan Diaspal

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur, telah terlaksana sejak bulan Maret tahun 2020. Jalan sepanjang 2,5 kilometer yang sudah dibangun merupakan jalan alternatif yang dibuka oleh Satgas TMMD dan terhubung dengan Km 8 Jl Soekarno Hatta, Balikpapan Utara, yakni Jalan Proklamasi dan Jalan Transad.

Kegiatan ini pernah ditinjau Wali Kota, Wakil Wali Kota, Dandim dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan, tapi hingga kini jalan ini belum diaspal atau dicor, juga batu-batu krikil yang sudah dihampar habis dan sekarang jalan tersebut kembali menjadi jalan tanah, berlempung dan berlubang.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, juga sudah pernah menyampaikan soal jalan Proklamasi setelah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur.

Baca juga  Inilah Komunitas PPKM Fokus Membantu Warga Isoman
Anggota DPRD Balikpapan Nurhadi. (Foto: Ato)

Anggota DPRD Kota Balikpapan Nurhadi mengatakan, pernah menyampaikan bahwa kebutuhan jalan Transad Km 8 sampai jalan Proklamasi TPA itu adalah untuk mempermudah akses terdekat mobil Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang mengangkut sampah dari kilo, jadi itu tidak perlu lagi mutar ke Sepinggan.

“Saya sudah sampaikan ke DPU, untuk memudahkan, juga efektif dan efisien serta bagi teman-teman DLH yang akan mengurus sampahnya cepat sampai ke TPA,” kata Nurhadi.

Nurhadi yang juga Daerah Pemilihan (Dapil) Balikpapan Timur menjelaskan, yang lalu DPU juga sudah pernah menyampaikan memang ada anggaran lumayan cukup besar di DPU, katanya untuk Jalan Proklamasi Insyaallah nanti tahun depan.

“Titiknya saya tidak tahu, apakah Jalan Proklamasi dari setelah TPA yang itu tembus ke jalan Transad Km 8 Balikpapan Utara, apakah hanya untuk pemulusan jalan saja yang dari luar Jalan Mulawarman,” jelasnya.

Baca juga  Syukri: Harusnya Proyek DAS Ampal yang 6 Titik, Terdampak Lahan Warga Sudah Clint and Clear

Politisi fraksi PPP ini juga mengungkapkan, saya tidak tanya secara detail ke DPU tapi memang ada anggaran untuk perbaikan jalan untuk tahun depan untuk jalan Proklamasi Manggar, Balikpapan Timur.

“Ada anggaran beberapa miliar itu untuk kebutuhan jalan dianggarkan untuk Jalan Proklamasi, nanti saya tanya lagi sama DPU,” ungkapnya.

Perlu diketahui, di Balikpapan Timur ada tempat wisata Pantai Manggar, Pantai Lamaru, Penangkaran Buaya, dan Stadion Batakan, sehingga menjadi pusat kemacetan jika ada pertandingan. Jadi alternatifnya berharap jalan Proklamasi solusinya sehingga kemacetan yang kerap terjadi bisa teratasi. (to)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana