Ponpes Trubus Iman Sukses Kembangkan Ekonomi Umat. Wagub: Patut Dijadikan Percontohan

TANAH GROGOT,PROKALTIMWakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengaku sangat terkesan dengan pengelolaan Pondok  Pesantren (Ponpes) Trubus Iman yang berlokasi di Jalan Salak Pondoh, Padang Pangrapat, Tanah Grogot, Kabupaten Paser.

Wagub menyarankan agar pondok-pondok pesantren di Kaltim bisa belajar ke Ponpes Trubus Iman.

“Tanpa mengurangi rasa hormat, Ponpes Trubus Iman ini menurut saya patut menjadi contoh bagi pesantren-pesantren yang lain,” ucap Hadi seperti di lansir dari Laman Pemprov.

Lebih lanjut Hadi menerangkan, mengapa Ponpes Trubus Iman layak menjadi contoh, karena selain sukses memberikan ilmu agama yang berkualitas, pondok pesantren ini juga berhasil dalam pengembangan ekonomi keumatan.

Memiliki luas hingga 60 hektare, ponpes ini terlihat sangat konsisten membangun ketahanan pangan. Bukan saja bagi lingkungan internal ponpes, tapi juga berkontribusi dalam rantai pembangunan ekonomi daerah.

Baca juga  Hijrah dari Karyawan Jadi Pengusaha, Brian Murpratomo Owner Kamu Pasti Kepedasan

Ponpes Trubus Iman sukses mengembangkan pertanian, perikanan, juga peternakan secara terprogram dan terencana dengan baik.

Berbagai tanaman tumbuh subur dengan penataan yang elok di ponpes ini. Antara lain kelapa, durian, duku, dan integrasi kelapa sawit dan talas. Di sini juga dikembangkan areal persawahan seluas 6 hektare.

“Di tengah pandemi seperti saat ini, ponpes ini bisa menjadi contoh. Bagaimana mereka bisa bertahan hidup dari areal yang mereka kelola sendiri dengan baik. Mereka juga bisa menghidupi keuangan pesantren,” puji Hadi Mulyadi.

Orang nomor dua di pemerintahan Kaltim itu  juga berharap Ponpes Trubus Iman bisa menjadi pesantren yang sukses dalam pengelolaan agro bisnis dan wisata.  Apalagi di areal pesantren ini sudah terdapat kolam-kolam pancing dan gazebo dengan hamparan hijau luas perbukitan yang sangat menawan.

Baca juga  Wali Kota Balikpapan Minta Hiekraf Dukung Pengembangan Ekonomi Kreatif

“Jadi mereka juga bisa menyampaikan syiar Islam melalui pesantren agrowisata nantinya,” harap Hadi.

Sementara dalam proses belajar mengajar, ponpes ini sukses mengkolaborasikan kurikulum Kementerian Agama, Kulliyatu al Mu’allimin al Islamiyyah (KMI) dan program Takhassus Tahfiz al-Qur’an.

Selama peninjauan, Wagub Hadi Mulyadi mendapat penjelasan langsung dari pendiri dan pengasuh Ponpes Trubus Iman H Tony Budi Hartono. (sul/dit)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana