Search
Search
Close this search box.

Prihatin! 56 Santri Ponpes Darul Hanan Berjuang Peroleh Pendidikan dengan Fasilitas Terbatas

SAMARINDA,PROKALTIM – Nampak suasana berbeda dari pondok pesantren pada umumnya. Belum ada masjid, belajar pun di ruang tidur. Itulah kondisi Pondok Pesantren Darul Hanan yang berlokasi di Jalan Kurnia Makmur, Harapan Baru, Loa Janan Ilir, Samarinda. Lokasinya tidak jauh dari Politeknik Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI.

Pesantren yang didirikan sejak dua tahun lalu itu memang masih memprihatinkan. Berbekal tanah wakaf dari donatur sekitar setengah hektare, pesantren ini didirikan dalam kondisi apa adanya. Bahkan, di areal tanah tersebut ada bukit yang belum tuntas diratakan.

“Bukitnya juga diwakafkan, tapi kami tidak punya alat berat untuk meratakan,” kata pengasuh Pondok Pesantren Darul Hanan, Zulkarnain Agus Salim, BA kepada media ini.

Infrastruktur dan fasilitas terbatas di Ponpes Darul Hanan, Loa Janan Samarinda. (Foto: Ist)

Hanya berbekal semangat amaliyah, pondok pesantren ini sudah menerima santri sejak tahun lalu. Para orang tua telah mempercayakan putra-putrinya, setelah melihat semangat para pengasuh yang bertekad membangun pesantren dengan pendidikan berkualitas.

Untuk sementara, para guru dan kepala pondok, menyewa rumah sederhana di dekat lokasi pondok. Begitu juga bangunan kelas, terpaksa ada yang sewa. Sisanya, dibangun ruang kelas sementara dari bahan kayu dan seng. Sepintas, bangunan yang digunakan mirip sarang burung walet. Namun yang terpenting adalah siswa bisa tidur, belajar, salat dan mengaji, meski apa adanya.

Baca juga  Sekolah Gelar Tatap Muka Secara Terbatas,  Seragam Sekolah Diburu Warga

“Kalau malam, kasurnya disusun untuk tidur. Begitu pagi hari, dirapikan lagi untuk ruang kelas dan juga jadi tempat salat dan mengaji,” sebut Zulkarnain, pengasuh lulusan Islamic University of Madinah, Saudi Arabia.

Untuk pembelajaran, pesantren ini menggunakan metode terpadu modern. Perpaduan antara kurikulum pendidikan umum dan agama. Sehingga, akan memudahkan santri jika kelak ingin melanjutkan pendidikan tinggi ke jalur umum.

“Sistem pendidikannya sama seperti sekolah umum, bukan kejar paket. Selebihnya pendidikan agama,” sebutnya.

Ia berharap, dengan keberadaan pesantren ini, menambah jumlah dan pilihan warga Kaltim yang ingin belajar di pondok pesantren.

“Tidak perlu ke luar Kaltim lagi, bisa belajar di sini,” sambungnya.

Angkatan pertama lalu, pondok pesantren ini menerima 10 santri dan 7 santriwati. Sementara angkatan kedua, menerima 23 santri dan 16 santriwati. Harapannya, seiring perkembangan pesantren ini, diharapkan jumlah santri terus bertambah. Tentunya harus didukung sarana dan prasarana memadai.

Baca juga  Mendukung Program Pendidikan, Taqwa Ajak Perusahaan Ikut CSR

Selain itu, salah satu pusat kegiatan sebuah pondok pesantren adalah masjid. Namun hingga kini, masjid di pondok ini baru berupa pondasi dan tiang beton yang masih menjuntai, belum berdiri tegak.

“Pembangunannya terhenti, kami kehabisan dana,” ucapnya.

Rencananya, masjid utama ini dibangun dua lantai. Untuk lantai atas akan dikhususkan untuk santriwati, bagian bawah untuk para santri. Karena masjid belum ada, untuk salat terpaksa juga dilakukan di ruang kelas.

Demi perkembangan kualitas pendidikan, dibutuhkan ukuran tangan para donatur yang ingin berdonasi dan mendukung perkembangan Pesantren Darul Hanan ini, bisa langsung ke Jl. Kurnia Makmur. RT. 024, Kel. Harapan Baru, Kec. Loa Janan Ilir, Kota Samarinda. Donasi juga bisa disalurkan ke Rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) eks Bank Syariah Mandiri (BSM) Nomor 7550-1201-99 atas nama Yayasan Darul Muhsinin Samarinda. Untuk nomor kontak yang bisa dihubungi Tammase (0821-5178-9588) dan Andi Abu Aisyah (0852-5052-9972). (*/sam)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]