Resmi Dimulai, TNI AD – US Army Gelar Latihan Gabungan Garuda Shield di Balikpapan

BALIKPAPAN,PROKALTIMTNI Angkatan Darat bersama Angkatan Darat Amerika Serikat atau US Army menggelar latihan gabungan dengan tema “Garuda Shield” ke-15 2021. Latihan bersama ini berlangsung di tiga lokasi berbeda, yakni daerah latihan (rahlat) Baturaja Sumatera Selatan, Makalisung Manado Sulawesi Utara, dan Amborawang Balikpapan, Kalimantan Timur.

Latihan Bersama (Latma) resmi dibuka langsung Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, dengan cara daring, dimulai dengan upacara persiapan di Lapangan Makodam VI Mulawarman pada Rabu (4/8).

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto mengatakan, disampaikan bahwa latihan ini sudah dirancang program Angkatan Darat (AD) sejak 2 tahun yang lalu dan sekarang akan dilaksanakan tapi dalam amanat suasana setelah dilaksanakan di tiga tempat yang terbesar di Baturaja Sumatera Selatan kemudian di Ambarawang Balikpapan dan yang ketiga di mukalisung langsung ke Manado Sulawesi Utara.

“Latihan ini meliputi beberapa kegiatan tentu kita ingin mendapatkan satu kemampuan bagi prajurit kita dimana mereka bisa berlatih bersama-sama dengan tentara luar yaitu US Army dan hari ini sampai tanggal 13 Agustus nanti ke depannya akan berlangsung latihan di lapangan,” kata Pangdam VI Mulawarman, dengan didampingi Captain David Moets dari Charlie Company Commander BN 1-21.

Baca juga  Tandatangani Petisi Bersama Wali Kota Beri Dukungan Terhadap Palestina, Budiono: Yang Terpenting Mengakui Kemerdekaan Bangsa Palestina
Latihan Bersama (Latma) resmi dibuka langsung Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa. (Foto: Ato)

Mayjen TNI Heri Wiranto juga menyampaikan, latihan ada beberapa tahapan, dimana pertama adalah bagaimana menyamakan materi, ada beberapa latihan yang bersifat riil terkait senjata-senjata ringan yang digunakan kemudian partikel, setelah itu baru kita akan melangkah pada latihan di lapangan yang kita namakan dengan training exercises.

Lanjutnya, yang kedua adalah fairing exercises khusus untuk senjata mortir dan senjata Senapan Mesin Ringan (SMR). Ini kita laksanakan, yaitu senjata ringan yang digunakan oleh pasukan. “Ini pelaksanaannya terus latihan awalnya di markas Batalyon Infanteri 600 raider, Kelurahan Manggar Balikpapan Timur, dimana latihan itu bersifat latihan awal persiapan teknis kemudian nantinya akan dilaksanakan training exercises atau latihan taktik di lapangan dilaksanakan di Medan latihan Amburawang.” ucapnya.

Pangdam VI/Mlw juga mengungkapkan, situasi cuaca memang di wilayah Kaltim khususnya di Balikpapan, kita lihat tidak selalu sama setiap hari berubah-ubah, kadang hujan dan kadang panas. Tapi bagi prajurit TNI latihan dengan medan seperti itu sudah biasa, meskipun hujan tetap melanjutkan bahkan mungkin menambah semangat latihan begitu pula cuaca panas menjadi bagian dari kegiatan.

Baca juga  Giliran Xiaomi Luncurkan Ponsel Lipat

“Jadi tidak ada masalah US Army juga merasa senang karena dia mendapatkan satu situasi yang berbeda tentu karena biasanya mungkin di sini tadi ngobrol dengan mereka biasa di tempat yang dingin sekarang mereka merasakan latihan di tempat yang panas ini mungkin menjadi pengalaman juga buat mereka,” ungkapnya.

Dan diprogramkan dengan waktunya jadi mereka hanya sampai dengan tanggal 14 atau 15 Agustus nanti mereka langsung kembali dan ini kesempatan yang baik buat mereka tentunya bisa mengenal wilayah tropis bertemu dan berlatih bersama prajurit Angkatan Darat.

Sementara itu, Captain David Moets dari Charlie Company Commander BN 1-21, mengatakan, We have to training then we will leave and won’t get to a explore very much right now (kita harus berlatih lalu kita akan pergi dan tidak akan banyak menjelajah sekarang). (to)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana