Tingkatkan Profesionalitas Prajurit, Lanal Balikpapan Asah Ketrampilan Menyelam

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan merupakan salah satu pangkalan TNI AL dibawah jajaran komando armada 2, dengan posisinya yang strategis serta sebagai perisai wilayah laut kalimantan Timur (Kaltim) maka hal ini mengharuskan Lanal Balikpapan memiliki prajurit-prajurit yang profesional serta memiliki skill yang mumpuni dalam rangka mendukung tugas-tugas. Oleh karena Itu Lanal Balikpapan melaksanakan latihan menyelam dalam rangka refresh kemampuan dan mengasah kembali kemampuan yang dimiliki, kegiatan latihan menyelam ini dilaksanakan bertempat di Pelabuhan Semayang Balikpapan, pada Senin (2/8).

Pelaksanaan latihan menyelam diikuti 10 personil serta 6 tim pelatih dan 4 personil Sarana Angkatan Rakyat (SAR), kemampuan menyelam pada dasarnya dimiliki semua personeI AL, namun Lanal Balikpapan yang salah satu tugasnya ialah unsur pelayanan pangkalan maka materi menyelam sangat diperlukan dalam rangka tugas pengamanan area bawah air, apabila terdapat KRI maupun kapal perang dari negara lain sandar sehingga apabila ditemukan adanya bahaya maupun kerawanan bawah air, tim penyelam dapat langsung mengambil tindakan. Tak hanya teknik menyelam, prajurit Lanal Balikpapan juga merefresh pengetahuan tentang perawatan dan pemeliharaan alat selam.

Baca juga  Rahmad: Mulai Hari Ini Masuk Mall Wajib Pakai Aplikasi Peduli Lindungi

Komandan Lanal (Danlanal) Balikpapan Kolone Laut (P) Siswo Widodo mengatakan, bahwa profesionalitas prajurit harus selalu dipertajam dalam situasi apapun. Karena tolak ukur dari keberhasilan dalam suatu operasi adalah profesionalitas prajurit yang utama.

“Lanal Balikpapan saat ini fokus mendukung program pemerintah dan juga instruksi KASAL yaitu mendukung serbuan vaksin dan pengamanan PPKM. Namun tak hanya itu saja, Lanal Balikpapan juga mengisi Waktu disela-selanya dengan kegiatan latihan perorangan untuk mempertajam naluri dan skiII, antara lain menembak, menyelam, kebaharian dan kegiatan-kegiatan lain yang memiliki manfaat,” kata Danlanal Balikpapan.

Kegiatan menyelam berlangsung pukul 08.00 Wita sampai dengan 11.30 Wita, dan turut hadir dalam latihan yaitu PaLaklat Mayor Laut Arfin trimedianto, ketua tim latihan Letda Laut Windu serta turut serta pendukung latihan baik tim kesehatan dan tim pengamanan di darat dari personil Denpomal Lanal Balikpapan. (to)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana