Search
Search
Close this search box.

Upacara HUT RI, Wali Kota Inspektur dan Ketua DPRD Membacakan Naskah Proklamasi

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Upacara HUT Kemerdekaan ke-76 RI tetap digelar di Halaman Kantor Wali Kota Balikpapan. Upacara juga digelar dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) mengingat Covid-19 masih mewabah di Tanah Air, khususnya di Kota Balikpapan.

Pada HUT Kemerdekaan ke-76 RI kali ini, Upacara hari kemerdekaan kali ini sama dengan tahun lalu, pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan juga tidak mengundang masyarakat. Bahkan, pejabat dan tamu undangan yang hadir pun dibatasi.

Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dilaksanakan sekira pukul 09.30 Wita di Halaman Kantor Wali Kota Balikpapan. Selaku inspektur upacara Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud.

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh membacakan naskah Proklamasi. (Foto: Ato)

Pada pukul 10.00 Wita, Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh membacakan naskah proklamasi, yang dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh Paskibra Kota Balikpapan. Setelah itu seluruh peserta upacara menundukkan kepala sejenak untuk mengheningkan cipta.

Baca juga  Apel Komandan Satuan Kodam VI/Mlw di IKN Nusantara Resmi Ditutup

HUT Ke-76 RI Tahun 2021 ini mengangkat tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, sebagai bentuk harapan bangsa di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang belum usai hingga kini.

Wali Kota Rahmad Mas’ud mengatakan, kemerdekaan Indonesia ini adalah buah dari hasil perjuangan para pahlawan.

“Artinya kalau kita belum bisa berjuang untuk kemerdekaan Indonesia ini, paling tidak tugas kita dalam mengisi kemerdekaan yang telah pahlawan kita raih,” kata Wali Kota Rahmad Mas’ud, usai upacara, pada Selasa (17/8).

Wali Kota Balikpapan juga mengajak seluruh masyarakat dan terlibat mengisi kemerdekaan Indonesia. Apalagi dalam keadaan pandemi seperti sekarang, seluruh rakyat Indonesia berperang melawan Covid-19 bersama.

“Makanya mari terus jaga persatuan dan kesatuan. Seperti dulu pahlawan kita memerdekakan Indonesia dari penjajah. Kita harus merdeka dari Covid-19. Apapun yang kita lakukan jika bersatu, maka akan memperoleh hasil yang maksimal,” pungkasnya.

Baca juga  Bayar Tagihan Air Tepat Waktu, Bentuk Kontribusi Pelanggan Bagi Operasional Perumda TMB

Sementara itu, petugas pengibaran duplikat bendera Republik Indonesia merupakan anggota paskibraka tahun 2021 yang selama ini berlatih dengan mematuhi prokes yang terdiri dari 3 pelaksana diantaranya, Danang Prakoso dari SMAN 1 Balikpapan, Aldila Septiana Putri dari SMAN 6 Balikpapan, dan Arseboli Patasi dari SMAN 8 Balikpapan. (to)

Foto Upacara HUT RI 76.

Foto-foto : M.Ato

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]