Search
Search
Close this search box.

Kunjungan Meningkat ke Wisata Pantai Cemara Kampung Nelayan, Sabaruddin Desak Pemkot Beri Edukasi

Destinasi wisata pantai di Balikpapan makin menggeliat.

BALIKPAPAN,PROKALTIMPantai Cemara Kampung Nelayan Manggar Baru yang terletak di Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yang bersebelahan dengan pantai Segara sari sekarang sudah menjadi destinasi unggulan masyarakat Balikpapan dan luar Balikpapan.

Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan, Sabaruddin Panrecalle mengatakan, Kota Balikpapan ini adalah kota jasa dan pariwisata sehingga ketika itu tercetuskKota jasa dan pariwisata itu kan ada Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) nya.

“Untuk RTRW wilayah Kecamatan Balikpapan Timur adalah kepariwisataan. Karena disana ada pantai yang bisa dijual, salah satunya pantai yang ada disana adalah pantai Segarasari yang dikelola Pemerintah Kota (Pemkot), pantai Teritip, pantai Lamaru, dan ada lagi yang baru viral sekarang sudah ramai namanya pantai Cemara Kampung Nelayan,” kata Sabaruddin kepada Prokaltim, pada Kamis (6/1).

Baca juga  Sabaruddin Sorot Pemerataan Pembangunan Infrastruktur, Termasuk Jalan Trans Km 8 - TPA Manggar
Salah satu spot Pantai Cemara Balikpapan.

Menurut Sabruddin, ini adalah salah satu langkah terobosan masyarakat yang tinggal disana, tapi peran dari Pemkot Balikpapan khususnya Dinas Pariwisata Balikpapan harus memberikan edukasi kepada mereka, selain mempromosikan.

Lanjutnya, juga bisa saja memberikan alternatif bahwa bukan saja pantai Segarasari, pantai Lamaru, tetapi ini adalah ada alternatif-alternatif, pantai-pantai yang bisa dinikmati oleh masyarakat Kota Balikpapan maupun di luar Balikpapan.

“Kita bisa bayangkan, ketika Balikpapan ini tidak ada lagi yang bisa digaungkan, padahal sesungguhnya Balikpapan ini adalah Kota Jasa dan Pariwisata,” ucapnya.

Politisi fraksi Gerindra ini juga menyampaikan, meminta kepada Pemkot Balikpapan lewat Dinas Pariwisata ikut serta, bisa mengembangkan wisata, bisa memberikan edukasi dan bisa memberikan semacam trend-trend yang layak dan sebagainya.

Baca juga  Rapat Paripurna Memasuki Tahun Baru 2023, DPRD Ajak Media Sinergi Bangun Kota Balikpapan

 

 

“Belum lama ini, kami mendapatkan informasi terbentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pantai Cemara Kampung Nelayan Manggar Baru, itu langkah salah satunya langkah peduli, langkah perhatian kepada Pemkot Balikpapan, nah itu harus ditingkatkan,” bebernya.

Bukan hanya membentuk Pokdarwis, tapi dengan ada yang menjual program-program, juga event-event, serta ada yang mempromosikan menjual hingga ketingkat Kalimantan dan kalau bisa menjual sampai tingkat dunia. Contoh, Bali, NTT, dan destinasi wisata lainnya hingga tingkat dunia, karena promosi itu yang dikembangkan dengan baik dan tentunya Kota Balikpapan ini bisa semakin maju dan berkembang. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]