Razia Warga Binaan Pemasyaraktan, Lapas Narkotika Kelas II A Amankan Beberapa Barang Terlarang

WBP dilakukan pemeriksaan tubuh oleh petugas pemasyarakatan. (foto: Psg)

SAMARINDA, PROKALTIM- Guna menciptakan kondisi yang aman dan kondusif di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Samarinda, melaksanakan kegiatan razia. Pada Rabu (20/4/2022).

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kerjasama antara Aparat Penegak Hukum (APH) terkait diantaranya, BNN Kota Samarinda, TNI-Polri.

Hal tersebut diungkapkan, Kelapa Divisi Pemasyarakatan (KADIV PAS) Kanwil kemenkumham Kaltim, Jumadi. Dalam kegiatan tersebut Kegiatan tersebut juga merupakan rangkaian dari peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke 58.

“Ini kegiatan rutin yang biasa dilaksanakan dilingkungan Lapas Narkotika, dan mendekati hari Raya Idul Fitri agar terciptanya lingkungan Lapas bersih dan juga aman,” ungkap Jumadi saat ditemui dilokasi kegiatan Rabu (20/4/2022) pagi.

Adapula beberapa barang yang berhasil di amankah oleh petugas gabungan, yang merupakan barang-barang yang seharusnya tidak berada di dalam lingkungan Lapas.

Baca juga  BNNK Gandeng Media, Edukasi P4GN, Narkoba Sasar Pekerja, Doping Jadi Alasan

“Hasilnya, seperti sendok besi, pisau rakitan (peruntukannya untuk mengupas buah) namun kan yang diantisipasi apabila terjadi gesekan antara penghuni lapas yang dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (KALAPAS) Narkotika Kelas II A Samarinda, Hidayat juga menambahakan dengan dilaksanakan kegiatan tersebut beriringan dengan berjalannya program yang bernama Human Monitoring diamana dalam proses pembinaan kepada WBP harus terbangunnya komunikasi dua arah, dan dalam program tersebut ada langkah-langkah deteksi dini.

“Kegiatan Human Monitoring, kami laksanakan setiap hari dan sudah ada timnya, setiap harinya tim tersebut berubah-ubah jadwalnya,”ucap Hidayat.

Hidayat juga berharap dalam momentum Hari Bakti Pemasyarakatan ke 58 ini, pemasyarakatan lebih maju lagi dalam hal pelayanan.

Baca juga  Belum Jera Residivis Asal Makassar, Beraksi Di Samarinda, Berjujung Bui

“Agar bisa meraih kepercayaan dan legalitas di masyarakat,” harapnya. (psg/adl)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Share Berita

Berita Terkait

Ikuti Berita ProKaltim.com dari Media Sosial


Kaltim News

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana