Search
Search
Close this search box.

Tebar 3000 Bibit Lele, Harapkan Warga Binaan Punya Skill Siap Kembali ke Masyarakat

Kakanwil Kemenkumham KaltimTara Sofyan didampingi Kadivpas dan Kalapas narkotika saat menuangkan bibit lele. (foto: Ist)

SAMARINDA, PROKALTIM- Jelang Puncak peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke 58, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Samarinda tebar bibit ikan lele sebanyak 3000 ekor. Selasa (26/4/2022) sore kemarin.

Sedikitnya 6 kolam (biopok) yang masing-masing berukuran kurang lebih 3×3 meter persegi disediakan tepat disisi kiri lingkungan Lapas.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas II A Samarinda Hidayat.

Hidayat mengatakan dalam menyambut puncak HBP ke-58 pihaknya tak ingin melewatkan momen untuk mengedepankan pembinaan dan keterampilan terhadap WBP.

Penebaran bibit ikan lele yang dilakukan, memiliki tujuan untuk meningkatkan life skill (kemampuan), agar WBP nantinya setelah bebas bisa mengantongi skill yang mumpuni agar nantinya siap saat kembali kemasyarakat.

Baca juga  Dilema Kratom, BNNP Lakukan Edukasi, 10 Kali Lebih Berbahaya Dari Sabu-Sabu, Masyarakat Anggap Obat Herbal

“Tadi kita ada program ketahanan pangan. Tapi ke depan berencana ada keterampilan lainnya yakni membudidayakan hidroponik, menanam buah-buahan, dan hari ini langsung menyebarkan bibit ikan lele,” ungkap Hidayat.

Keterampilan peternakan ikan lele kemungkinan akan difokuskan karena melihat pangsa pasarnya sangat menjanjikan. Terlebih apabila dikelola secara profesional, ilmu pembelajaran di sini bisa menjadi bekal setelah WBP bebas nantinya.

Terkait pembibitan ikan lele, Lapas Narkotika telah bekerja sama dengan pihak ketiga yakni Balai Latihan Kerja (BLK), dan kedepannya berencana akan menjalin kerja sama dengan Pemkot Samarinda khususnya Dinas Perikanan agar ilmunya bisa lebih maksimal lagi. (Psg/adl)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]