Perkuat Komitmen Keberlanjutan, Apical Group Dukung Pra-KTT Y20 di Balikpapan

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Apical Group, salah satu perusahaan pengolah minyak nabati global terkemuka turut mendukung kegiatan Pra Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth-20 (Y20), yang merupakan bagian dari Presidensi G20 yang mewadahi delegasi pemuda dari seluruh negara anggota G20.

Kegiatan yang dilaksanakan di kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Sabtu (21/5/2022) lalu. Ini memiliki tema besar “Sustainable and Liveable Planet” atau “Planet Berkelanjutan dan Layak Huni”.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh delegasi dan pengamat yang berasal dari Jepang, Korea Selatan, negara-negara Asia Tenggara, serta perwakilan dari beberapa kedutaan asing di Indonesia.

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi Kaltim menyambut baik pelaksanaan Pra-KTT Y20 Indonesia 2022.

“Membahas isu planet yang berkelanjutan dan layak huni dalam kegiatan ini menjadi tanggung jawab moral kami, sebagai salah satu Provinsi pemilik hutan hujan tropis terbesar di Indonesia,” kata Gubernur.

Baca juga  Kick Off Road to FESyar, BI Balikpapan Perkuat Kemandirian Ekonomi Pesantren

Head of Social, Security, and License (SSL) Apical Balikpapan, Jaya Budiarsa mengatakan bahwa agenda G20 dan Y20 sejalan dengan inisiatif keberlanjutan Apical Group yakni Apical2030 yang terdiri dari empat pilar strategis yaitu Kemitraan Transformatif, Aksi Iklim, Inovasi Hijau, dan Kemajuan Inklusif.

“Tema Y20 yakni “Planet Berkelanjutan dan Layak Huni” sangat relevan dan sejalan dengan salah satu target dalam Apical 2030 yakni Kemajuan Inklusif, yang memiliki target untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penciptaan 30 desa yang berkelanjutan (sustainable living village) hingga tahun 2030. Dalam hal ini, kami ingin menciptakan desa-desa yang sejahtera, layak huni dan tentu saja berkelanjutan,” tambah Jaya Budiarsa.

Baca juga  Bem Stiepan Lakukan Persiapan Menjelang Seminar Ekraf

Budi, begitu ia akrab disapa, juga menyebutkan bahwa kolaborasi dengan Pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya akan terus ditingkatkan karena membangun industri berkelanjutan dan bertanggung jawab membutuhkan komitmen dan upaya bersama dari semua pihak termasuk juga pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, swasta, dan masyarakat sekitar.

Sebagai informasi, seperti dilansir dari situs resmi Y20, penunjukan kota Balikpapan sebagai lokasi penyelenggara Pra-KTT Y20 bukanlah tanpa alasan. Di tahun 2021 lalu, kota Balikpapan menerima penghargaan sebagai kota berkelanjutan di bidang lingkungan di tingkat Asia Tenggara. Selain itu, di masa depan, kota Balikpapan juga akan menjadi kota penyangga Ibu Kota Negara (IKN). (to)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Share Berita

Berita Terkait

Ikuti Berita ProKaltim.com dari Media Sosial


Kaltim News

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana