PPDB 2022 Kota Balikpapan Mulai Dibuka 10 Juni

BALIKPAPAN,PROKALTI7 M – Sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), PPDB 2022 sudah dibuka di beberapa wilayah di Indonesia. Jelang tahun ajaran baru, jadwal pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) siswa TK, SD, SMP, SMA, dan SMK 2022-2023 mulai dipertanyakan.

Untuk itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan telah membuat petunjuk teknis (Juknis) untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2022 baik di SD maupun SMP.

Kepala Disdikbud Kota Balikpapan, Purnomo mengatakan, pelaksanannya pun dimulai pada 10 Juni 2022 nanti, untuk SD dan SMP Negeri. Dan persiapan PPDB terus berjalan.

“Petunjuk teknis (Juknis) telah dibuat, mulai tanggal 10 sampai 29 Juni itu proses validasi dan verifikasi, kemudian pendaftaran peserta tanggal 20 hingga 30 Juni. Selanjutnya pengumuman tanggal 1 Juli dan daftar ulang tanggal 2-4 Juli,” kata Purnomo kepada Prokaltim, Rabu (25/5/2022).

Baca juga  Pastikan Seragam Gratis Terealisasi, Pj Sekda dan Kadisdikbud Tinjau SD dan SMP

Lanjutnya, ada empat jalur yang disiapkan, yakni afirmasi, perpindahan, prestasi dan zonasi. Masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Masih sama dengan tahun lalu. Zonasi yang paling banyak kuotanya,” ungkapnya.

Menurut Purnomo, lulusan SD sekitar 13 ribu lebih, sementara daya tampung SMP hanya enam ribu. Dan soal adanya sejumlah masalah yang kerap muncul saat PPDB, persoalannya adalah daya tampung.

“Di sini kita harapkan juga peran dari sekolah swasta. Artinya 50 persen tidak tertampung anak-anak kita. Itu harus maksimal dan berkualitas untuk menarik minat peserta didik,” jelasnya. (to)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Share Berita

Berita Terkait

Ikuti Berita ProKaltim.com dari Media Sosial


Kaltim News

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana