Info Bencana Balikpapan Bersama LPM Muara Rapak, Sembelih Dua Ekor Sapi

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Allahuakbar Allahuakbar, gema takbir berkumandang mengiringi proses penyembelihan hewan kurban hari Idul Adha 1443 H/2022 di halaman salah satu warga RT 50, Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Muara Rapak, Balikpapan Utara, Kaltim. Yang dilaksanakan Info Bencana (IB) Kota Balikpapan yang bersinergi dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Muara Rapak, pada Minggu (10/7/2022).

Proses penyembelihan hewan kurban dihadiri oleh pembina IB Kota Balikpapan yang juga Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan, Hasbullah Helmi serta ketua LPM Muara Rapak Ahmad Rofiq, juga Suharto, ada Korlap IB Hadi dan IB 07 Ruslan. Juga pengurus panitia penyembelihan hewan kurban, dan sejumlah anggota IB Balikpapan dan anggota LPM Muara Rapak.

Pembina IB Kota Balikpapan Hasbullah Helmi mengatakan, kurban hukumnya wajib bagi umat muslim yang memiliki kemampuan ekonomi. Dan bagi muslim yang ekenominya kurang hanya wajib tahu, bahwa Nabi Ibrahim telah memberikan contoh betapa besarnya faedah ibadah kurban di hari Idul Adha.

Baca juga  Cap Islam Teroris, Putin: Propaganda AS

“Kurban ini merupakan warisan Nabi Ibrahim yang dilaksanakan di hari raya Idul Adha 10 Djulhijah. Dan hukumnya wajib bagi umat muslim yang memiliki ekonomi dalam katagori mampu dan berbuat amal jariah,” ujar Helmi kepada awak media.

Helmi juga menyampaikan, jadi ini adalah kurban dari ketua Info Bencana Kota Balikpapan untuk seluruh anggota IB Kota Balikpapan. “Mudah-mudahan amal jariah semua ini diterima oleh Allah SWT di hari raya Idul Adha yakni hari raya kurban ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua LPM Muara Rapak Ahmad Rofiq mengatakan, sebagai Ketua LPM Muara Rapak baru menjabat tiga bulan. Mencoba berbuat gebrakan lebih baik dari LPM Muara Rapak sebelumnya, seperti saat ini melaksanakan penyembelihan dua ekor sapi yang bersinergi dengan IB Kota Balikpapan.

Baca juga  Rahmad Gercep Pasca Tabrakan Beruntun Muara Rapak, Perwali Direvisi. Ini Isi Aturanya.

“Daging kurban ini dibagikan kepada 86 Ketua RT seKelurahan Muara Rapak, karena kita ingin RT seKelurahan Muara Rapak ini bersatu. Jadi seluruh ketua RT kita undang semua, jadi kita bisa saling silaturahim. Serta disalurkan untuk warga sekitar, juga kepada anggota IB dan LPM Muara Rapak,” tuturnya.

Rofiq juga mengungkapkan, alhamdulillah, kita ucapkan terimakasih kepada para donatur yang bersedia memberikan bantuan kepada kita, terutama untuk warga sekitar dan khususnya kepada para ketua RT seKelurahan Muara Rapak.

“Sebelumnya, rencana mau sembelih di depan kantor Sekretariat Ketua LPM, karena berhubung halamannya sempit dan mepet dengan jalan raya akhirnya kita pinjam halaman salah satu warga saya RT 50 Kelurahan Muara Rapak, alhamdulillah diizinkan,” ungkapnya. (to)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Share Berita

Berita Terkait

Ikuti Berita ProKaltim.com dari Media Sosial


Kaltim News

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana