Pj Sekda Kaltim Membuka Kegiatan Penguatan Persuratan dan Arsip Kaltim di Novotel Balikpapan

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Biro umum sekretariat daerah Provinsi Kaltim menggelar kegiatan Penguatan Persuratan dan Arsip, sesuai tata naskah dinas dan pedoman tata kearsipan di sekretariat daerah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yang digelar di Novotel Balikpapan, pada Kamis (28/7/2022).

Acara ini dihadiri oleh Pj Sekretaris Daerah(Sekda) Provinsi Kaltim Riza Indra Riadi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kaltim HM Syafranuddin, Analis Kebijakan Ahli Muda Sopian Noor juga seluruh biro dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kaltim.

Pj Sekda Kaltim Riza Indra Riadi mengatakan, sering masalah administrasi ini menjadi pintu masuk bagi penyelidikan dan penyidikan itu gampang sekali.

Screenshot 7 29 2022 5 46 18 PM Pj Sekda Kaltim Membuka Kegiatan Penguatan Persuratan dan Arsip Kaltim di Novotel Balikpapan PROKALTIM

“Kita refreshing sekaligus mengevaluasi mungkin ada kasus-kasus berangkat dari masalah-masalah arsip, masalah surat menyurat dan masalah administrasi ini,” kata Pj Sekda Kaltim, kepada awak media.

Dia juga menyampaikan, kalau dari administrasi saja kacau atau semrawut itu cepat kesalahan diketahui. Tapi kalau rapi tertata dengan baik, maka itu akan aman, bisa dihindari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu.

Baca juga  Sri Wahyuni Terpilih Ketua Komite Ekonomi Kreatif Kaltim. Sa'bani: Pengurus Konsisten Berikan Manfaat Pelaku Ekraf

“Seperti kasus-kasus korupsi, kasus apa itu bermula dari administrasi. Kalau sudah bersih, rapih itu mendakan bahwa kegiatan itu juga bersih dan rapih,” ucapnya.

Riza Indra Riadi juga menjelaskan, kita menggelar kegiatan ini supaya lebih hati-hati lagi dan bisa menghindari hal seperti itu.

“Berangkat dari itu, kita terus mengupdate tiap tahun mengadakan ini, mungkin ada modus-modus baru yang dilakukan oleh para pelaku kejahatan. Kejahatannya dengan berbagai macam, seperti lewat elektronik,” jelasnya.

Termasuk dengan kegiatan elektronik ini, yakni tandatangan bisa pakai barcode yang kita hadapi sekarang.

Sementara itu ketua panitia Hj Norhayati US mengatakan, karena awal dari tertib administrasi yang disampaikan Pj Sekda Kaltim adalah tertib penguatan persuratan dan arsip.

Baca juga  Profesi Guru Kebanggan Isran, Membuat Hati Bahagia

“Apabila persuratan itu berjalan dengan Standard Operating Procedure (SOP) atau prosedur maka kesalahan-kesalahan itu tidak akan terjadi kesalahan,” kata Hj Norhayati yang juga selaku Kepala biro umum sekretariat daerah Kaltim.

Lanjutnya, pesan dari Bapak Pj Sekda Kaltim tadi, kadang ada orang minta nomor HP duluan, hingga tandatangan. Jadi harus tertib dulu sesuai SOP baru kita tandatangani.

“Nah, itu yang harus kita hindari, salah satu contoh bisnis tambang, karena tidak ketelitian atau tidak prosedur, dikatakan asli atau palsu kita tidak mengetahuinya. Kalau asli berarti sesuai dengan urutan SOP. Apabila ada salah satu SOP dilanggar berarti itu salah atau palsu,” ujarnya.

Menurut Norhayati, ini termasuk evaluasi, makanya tiap tahun kegiatan kearsipan ini kami laksanakan dengan mengundang 9 biro dan 50 OPD provinsi Kaltim. (to)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Share Berita

Berita Terkait

Ikuti Berita ProKaltim.com dari Media Sosial


Kaltim News

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana