Forum CSR Balikpapan Rapat Persiapan Pelantikan Pengurus

Rapat Pengurus Forum CSR Balikpapan. (Foto: Ato)

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Pengurus Forum Komunikasi Coorporate Social Responsibility (CSR) Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, menggelar rapat forum pelaksanaan tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan periode tahun 2022-2024, digelar di aula kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda Litbang) Kota Balikpapan, pada Kamis (30/9/2022).

Untuk itu, terkait CSR perencanaan terhadap masyarakat. Ketua Harian Forum CSR Kota Balikpapan, Sugito mengatakan, forum ini dibentuk oleh Pemkot Balikpapan, bahwa untuk jalur koordinasi, juga jalur memfasilitasi perusahaan-perusahaan yang membantu CSR Kota Balikpapan.

“Forum CSR ini menjadi jembatan untuk mengkoordinasikan tugas-tugas pemerintah dan peroleh dukungan dan disinergikan dengan pihak ketiga, baik itu BUMN, BUMND, swasta dan masyarakat,” kata H Sugito, kepada Prokaltim.com.

Sugito juga menyampaikan, misalkan yang tadi memerlukan dukungan dalam konteks infrastruktur atau program-program apapun di bidang ekonomi sosial dan lainnya, itu bisa terbantu melalui dukungan CSR dari perusahaan tersebut.

Baca juga  Reses. Hj Kasmah Sapa dan Tampung Aspirasi Warga Balikpapan Utara

“Aspirasi masyarakat tahun ini mencapai Rp 6 triliun.Sementara APBD kita cuma Rp 2,3 triliun, itu tidak akan mungkin diakomodir semua sehingga Pemkot Balikpapan sadar membuat forum ini, meskipun forum ini juga boleh disebut forum relawan yang tidak digaji juga tidak mengelola dana,” ujarnya.

Tetapi pihaknya akan mencoba menuangkan ide-ide kreatif kita dan inovasi-inovasi untuk membantu pemerintah agar program pemerintah dalam bidang infrastruktur dan lainnya bisa berjalan secara maksimal.

Ditanya dengan planning action untuk program forum komunikasi CSR. Sugito menjelaskan, pihaknya berharap agar perusahaan-perusahaan itu melaporkan kegiatan CSR-nya supaya juga bisa menjadi corporate image atau Citra perusahaan yang positif.

“Jangan sampai karena pelaporan itu tidak dilakukan di forum CSR masyarakat menilai bahwa perusahaan tersebut belum melakukan CSR, padahal dia sudah pernah hanya informasinya tidak disampaikan,” jelasnya.

Baca juga  Pelaksanaan Pasar Ramadan Wajib Kantongi Izin

Menurutnya, ini yang kita akan coba gerakan di forum komunikasi CSR ini agar perusahaan-perusahaan nanti secara berkala 1 tahun sekali data perencanaan CSR-nya anggarannya apa saja yang sudah dilakukan.

“Ya, dilaporkan ke forum CSR supaya itu bisa jadi data di Pemkot dan kita juga bisa melakukan ekspos ya melakukan publikasi bahwa perusahaan A ini sudah melakukan kegiatan sehingga menjadi contoh berita baik untuk menjadi inspirasi perusahaan yang lain,” pungkasnya. (to)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Share Berita

Berita Terkait

Ikuti Berita ProKaltim.com dari Media Sosial


Kaltim News

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana