Search
Search
Close this search box.

Lipan Roadshow ke-4 Berkolaborasi dengan Seniman Palu di Plaza Balikpapan

Pameran seni rupa

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Pecinta seni yakni Lamin Seni Rupa Nusantara (Lipan) fine art exhibition (pameran seni rupa) yang digelar di Food Garden, Bay Park Plaza Balikpapan, pada Sabtu (24/12/2022).

Ketua Lipan, Panca Bayumurti mengatakan, pameran tersebut, bagian roadshow road to Australia dan roadshow yang ke-4, tapi kebetulan ada performance Art dari seniman Kota Palu datang ke Kota Balikpapan dan berkolaborasi.

“Dari roadshow yang ke-4, sebelumnya pameran di Kebun Raya Balikpapan, event Hi-Fest di Halaman Parkir BSCC Dome Balikpapan dan di Hotel Platinum Balikpapan,” ujar Ketua Lipan, Panca Bayumurti atau disapa Artku Lima, kepada awak media.

Dia juga menyampaikan, selain pameran lukisan, live sketch, live painting juga menyuguhkan penampilan musik dan seni pertunjukan seniman dari Kota Palu.

“Ini berbeda dari Roadshow sebelumnya, karena kami kolaborasi dengan teman-teman dari palu, untuk menampilkan performance art. Ada teman musisi Balikpapan juga. Jadi ada seni rupa, musik, tari dan performance art,” jelasnya.

Baca juga  Damkar Sosialisasi Samarinda Tangguh Kebakaran, Pasang Hydran Kering Solusi Jalan Sempit

Ditanya harga live sketch atau jasa melukis wajah untuk pengunjung Plaza Balikpapan. “Lukisan siluet dengan harga Rp 50 ribu, dan sedangkan sketsa wajah seharga Rp 100 ribu,” ucapnya.

Dia menjelaskan, roadshow bertajuk Narasi Dari Belahan Timur Borneo, Spirit of Bubuhannya, ajang gelaran ini akan terus digaungkan. Untuk itu ia berharap, masyarakat kota Balikpapan memberikan apresiasi pada Lipan yang akan membawa nama Kalimantan Timur (Kaltim) ke Australia.

“Kedepannya target kita pameran di Australia. Kita bakal Roadshow terus. Kita membidik ruang publik, harapannya lebih dilihat lagi dan di apresiasi. Karena kita bakal bawa nama Balikpapan, Kaltim untuk pergi ke Australia pada bulan Juni, Juli dan Agustus 2023 di tiga galeri berbeda yang berlokasi di Kota Queensland Australia,” harapnya.

Baca juga  RSJD Atma Husada Mahakam Sinergi Dengan Unmul, Startegi Peningkatan Layanan Kesehatan

Sementara itu, Seniman asal kota Palu, Udhin FM mengatakan, kebetulan ke Kota Balikpapan mengikuti Balikpapan Manuntung Art Festival II 2022 di BSCC Dome.

Seniman Kota Palu berkolaborasi dengan Seniman Balikpapan, untuk memanfaatkan ruang publik sebagai ajang edukasi seni rupa maupun pertunjukan kepada masyarakat.

“Setelah pertunjukan selesai, kami kumpul dengan teman-teman seniman di Balikpapan yakni Lipan. Saling sering seniman Palu dengan Balikpapan yang digagas Cadio salah satu pengurus Lipan. Kebetulan Lipan punya kegiatan Roadshow, terjadilah kolaborasi di Plaza Balikpapan,” jelasnya.

Udhin juga menyampaikan, seniman juga punya peran aktif dengan hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim, khususnya Kota Balikpapan sebagai penyangga. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]