Search
Search
Close this search box.

Ratusan Siswa/Siswi SD Negeri 003 Balteng Nobar ‘Jo Sahabat Sejati’ di Studio CGV Plaza Balikpapan

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Ratusan Siswa/Siswi dari Sekolah Dasar (SD) Negeri 003 Balikpapan Tengah (Balteng) hadir dalam acara nonton bareng (Nobar) film ‘Jo Sahabat Sejati’ yang dilaksanakan di Studio CGV Plaza Balikpapan, pada Sabtu (10/12/2022). Acara Nobar tersebut bertujuan untuk Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Diketahui, ‘Jo Sahabat Sejati’ merupakan sebuah film drama petualangan yang diproduksi Alamanda Production. Film ini menceritakan tentang kisah persahabatan dari seekor kuda kesayangan milik seorang guru bernama Arif, dan ke tiga muridnya.

Untuk itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan (Kadisdikbud) Purnomo menyambut baik kegiatan ini. Menurut dirinya dalam film yang tersebut tentunya dapat menguatkan pendidikan karakter bagi anak didik.

“Saya sangat menyambut baik, karena didalam filmnya ada muatan penguatan pendidikan karakter,” ucapnya.

Pihaknya berharap anak didik yang menyaksikan film tersebut dapat menangkap pesan yang baik dari film tersebut. “Sehingga anak-anak murid kedepannya bisa memiliki karakter pribadi yang baik,” ujarnya.

Baca juga  Pegadaian Dukung Pembentukan Ekosistem Ultra Mikro untuk Penguatan Bisnis UMi & UMKM

“Saya harapkan orang tua murid bisa mengajak anak-anaknya untuk menyaksikan film ini, karena ada penguatan pendidikan karakter didalam filmnya. Tapi harus digaris bawahi disini. Saya tidak memaksa dan mengharuskan orang tua murid untuk mengajak anaknya untuk menonton,” ungkapnya.

Purnomo juga menambahkan, film ini merupakan salah satu media pendidikan karakter bagi peserta didik, sesuai amanah Permendikbud RI Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan.

“Yang merupakan gerakan pendidikan di bawah tanggungjawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga dengan pelibatan dan kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM),” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 003 Balikpapan Tengah Jaka Pramono menurutkan, antusias anak didiknya sungguh sangat luar biasa untuk menyaksikan film tersebut.

Baca juga  Lomba Baca Puisi Tingkat SD dan SMP, Perebutkan Piala Kadisdikbud

Dikatakannya, dalam film ‘Jo Sahabat Sejati’ ini tentunya ada yang dapat dipetik bagi anak didik dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

“Jadi film ini sangat menginspirasi, diharapkan para guru nantinya bisa memberikan tugas kepada anak didik, terkait pesan apa saja yang sudah didapatkan dalam setiap karakter yang ada dalam film tersebut,” katanya saat dijumpai awak media.

Ia menambahkan, disini anak-anak bukan hanya menonton saja, melainkan ada ilmu atau pendidikan yang didapat. Bahkan ini bisa menjadi wadah bagi peserta didik untuk melepas lelah usai mengikuti penilaian akhir semester.

Jaka mengatakan, respon orang tua murid sendiri sangat baik. Bahkan jumlah anak didik yang menonton jumlahnya kurang lebih 700 murid dengan didampingi sekitar 45 guru pendamping.

“Ya..kita ada guru pendamping untuk mendampingi anak-anak murid yang menonton. Kalau jumlahnya ada 45 guru pendamping,” ujarnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]