Search
Search
Close this search box.

Wali Kota Balikpapan Sapa 1.700 RT dan Paparkan Program Prioritas RPJMD Balikpapan

rpjmd

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Wali Kota H. Rahmad Mas’ud, menyapa ribuan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se Kota Balikpapan, di Gedung Balikpapan Sport Convention & Center (BSCC), pada Senin malam (26/12/2022).

Kegiatan tersebut dirangkai dengan pemaparan atau Ekspose Realisasi Kegiatan 2022 dan Program Prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Hadir pula Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Hasanuddin Mas’ud, Anggota DPR-RI, Rudi Mas’ud Daerah Pemilihan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) serta anggota DPRD Kaltim Dapil Balikpapan, Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

Dalam paparan Wali Kota mengatakan akan menaikkan Dana Operasional RT yang telah direncanakan para perubahan APBD 2023. “DO ini sudah dibahas, nantinya masuk dalam Perubahan APBD 2023,” ungkapnya mengawali paparan.

Menurutnya, RT menjadi ujung tombak dalam program pemerintah yang langsung ke masyarakat. Di mana Balikpapan 2023 memiliki Moto yakni “Balikpapan Berkolaborasi dan Bersinergi”.

“Tanpa adanya kerja sama dan sinergi mustahil pembangunan dapat dilaksanakan termasuk keterlibatan RT dan LPM,” kata Wali Kota di depan ribuan Ketua RT dan LPM.

Baca juga  Tiga Rumah Jumpi Kampung Baru Ulu kota Balikpapan, dilahap si jago merah

Termasuk kolaborasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. Tahun depan, Balikpapan berkomitmen untuk mengawal pembangunan dan ikut menyukseskan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Di paparan Akhir Tahun tersebut, Wali Kota menyampaikan sejumlah capaian kegiatan 2022. Di antaranya kondisi demografi, kesejahteraan Kota Balikpapan, kondisi perekonomian, realisasi investasi dan penyerapan tenaga kerja, program pengendalian inflasi daerah, strategi antisipasi gejolak pasca kenaikan bahan bakar minyak, kondisi APBD dan realisasi program prioritas 2022.

“Realisasi fisik sampai dengan 26 Desember 2022 sebesar 91,93%. Kami targetkan dipenghujung tahun mencapai 95%,” tandasnya.

Sementara itu, Bantuan Keuangan (Bankeu) dari provinsi untuk Kota Balikpapan pada 2022 sebesar Rp100 Miliar. ”Tahun depan, kita berharap Bankeu provinsi bisa 300 miliar disini ada anggota DPRD Kaltim dari,” tuturnya.

Di kesempatan ini, Wali Kota juga memaparkan 9 program prioritas RPJMD Kota Balikpapan 2021-2026. Yaitu Penguatan Birokrasi Pemerintahan, Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan, Pengentasan Kemiskinan, Penyediaan Air Minum yang sehat dan merata, pengendalian banjir, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan kondisi sosial yang nyaman serta pengembangan Balikpapan sebagai Kota MICE, Pengembangan Balikpapan sebagai Kota Kreatif, dan Revitalisasi Perusda.

Baca juga  BARMUDA Balikpapan Berbondong Donor Darah, Antisipasi Kekurangan Stok Darah

“Alhamdulillah program-program dilaksanakan yaitu pendidikan dan kesehatan. Bentuknya adalah program BPJS Kesehatan iuran gratis kepada seluruh kelas 3 warga kota Balikpapan,” sebutnya.

Kemudian pendidikan, memberikan pakaian gratis kepada anak-anak peserta didik baru SD dan SMP. Kemudian fasilitasnya dalam proses pembangunan SMP 25 di Balikpapan Barat dan SD SMP terpadu di Regency.

“Pembangunan rumah sakit sesuai komitmen di Balikpapan Barat dan Timur. Tahun 2023 program kami membangun fasilitas umum. Seperti taman kota, fasilitas umum untuk warga kota Balikpapan,” tambahnya.

Usai memaparkan realisasi kegiatan 2022, Wali Kota langsung mendatangi para Ketua RT dan LPM didampingi Sekda Balikpapan, Muhaimin. Wali kota dan Sekda memberikan berbagai pertanyaan sebagai mengenai Kota Balikpapan sekaligus memberikan doorprize bagi Ketua RT yang bisa menjawabnya.

“Kegiatan pertama kali ekspose dengan menghadirkan RT dan LPM yang diwarnai hiburan ini sebagai bentuk motivasi,” tutup Wali Kota Rahmad Mas’ud.

Selain itu, berbagai doorprize hasil sumbangan dari OPD-OPD di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan juga dibagikan untuk 10 wartawan dan rekan media yang beruntung mendapatkan nomor undian. (to/humaspro)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]