Search
Search
Close this search box.

Waspada, Ini 7 Cara Mencegah Kebakaran di Rumah

Balikpapan,Prokaltim – Bahaya kebakaran mengintai di mana saja, termasuk di rumah yang tidak ditinggali. Kelalaian penghuni menjadi salah satu penyebab umumnya. Entah lupa mematikan lampu yang berujung konslet atau meninggalkan rumah dalam keadaan kompor masih menyala.

Sebenarnya, kamu bisa mencegah kebakaran rumah dengan melakukan beberapa langkah sederhana. Berikut ini beberapa langkah tersebut:

1. Mematikan Alat Elektronik

Tips mencegah kebakaran yang pertama adalah mematikan alat elektronik saat bepergian. Pasalnya, penggunaan listrik berlebihan yang menyebabkan arus pendek listrik dapat meningkatkan potensi terjadinya kebakaran. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencabut semua peralatan elektronik yang tidak digunakan.

2. Jangan Tinggalkan Kompor dalam Keadaan Menyala

Tips mencegah kebakaran selanjutnya adalah tidak meninggalkan kompor dalam keadaan menyala. Jadi, pastikan untuk tetap berada di dapur selama proses memasak berlangsung guna mengetahui potensi kebocoran tabung gas yang menjadi pemicu kebakaran.

Baca juga  Perangi Kebocoran, Hindari Tagihan Air Membengkak

3. Awasi Penggunaan Lilin

Lilin menjadi salah satu alat penerang yang digunakan saat mati lampu. Penempatannya harus diperhatikan, jangan sampai diletakkan di dekat sofa atau barang-barang yang mudah terbakar. Agar lebih aman dalam menggunakan lilin, sebaiknya tempatkan dalam gelas dan awasi penggunaannya.

4. Jauhkan Benda yang Mudah Terbakar

Tips mencegah kebakaran selanjutnya adalah menjauhkan benda-benda yang mudah terbakar, seperti plastik, kertas, dan kain. Jangan menyimpan benda-benda tersebut di dekat kompor atau lilin karena api dengan cepat menyambar dan menyebabkan kebakaran di dalam rumah.

5. Jangan Merokok di Dalam Rumah

Selain menyebabkan masalah paru-paru, merokok bisa menjadi pemicu kebakaran. Jika puntung dibuang dalam keadaan masih menyala dan tertiup angin, hal tersebut dapat memicu kobaran api. Apalagi jika puntung yang masih menyala menempel pada sofa dan benda lain yang mudah terbakar.

6. Memeriksa Kabel Listrik Rumah

Baca juga  Muskot KNPI Balikpapan Ditunda, Andrie : Menunggu Informasi OC Selaku Pelaksana

Memeriksa kabel listrik secara berkala jadi tips mencegah kebakaran lainnya. Meski terlihat baik-baik saja, proses pengecekan perlu dilakukan. Pasalnya, bisa saja kabel yang tersembunyi rusak akibat digigit tikus. Jika dibiarkan kabel tersebut akan menjadi penyebab listrik konslet, yang dapat berujung pada kebakaran.

7. Jangan Membakar Sampah di Sekitar Rumah

Terakhir, kamu dilarang untuk membakar sampah di sekitar rumah. Sama halnya dengan puntung rokok yang masih menyala, terbangnya sampah yang terbakar bisa menjadi salah satu pemicu kebakaran. Alih-alih dibakar, dedaunan kering yang berjatuhan dari pohon bisa kamu jadikan sebagai pupuk kompos.

Itulah tips mencegah kebakaran di rumah. Satu hal lagi yang perlu kamu ketahui adalah sebaiknya hindari menggulung kabel. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas kabel tetap terjaga dengan baik dan menghindari konslet saat digunakan. Ingat, kelalaian adalah penyebab utama kasus kebakaran yang terjadi.(Far)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]