Search
Search
Close this search box.

POCO M5s: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

xiaomi POCO M5s: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

PROKALTIM – Mengusung lini smartphone kelas menengah dari Xiaomi, brand POCO resmi menjadi sub-brand Xiaomi pada Agustus 2018. Kerap dikenal dengan nama POCO, selalu menghadirkan inovasi baru dari setiap produknya. Salah satunya yaitu ponsel teranyar POCO M5s, seperti yang dilansir dari Berita7

Ponsel ini baru diluncurkan menjelang akhir tahun 2022. Dirancang dengan desain slim premium, smartphone 2 jutaan ini juga membawa spesifikasi komplit. Baca terus untuk mengenal fitur dan spesifikasinya.

Spesifikasi POCO M5s

POCO M5s menawarkan fitur dan spesifikasi smartphone mid-range, dengan harga 2 jutaan yang bersahabat. Lantas, seperti apa spesifikasi yang dapat dinikmati dari smartphone ini? Berikut spesifikasi lengkapnya:

1. Desain Lengkung 3D Slim dan Elegan

Di Indonesia, POCO M5s hadir dalam pilihan dua warna, yaitu Gray dan Blue, atau abu-abu dan biru. Warna abu-abunya gelap, sementara birunya berwarna cerah dan lembut. Sementara, dimensi ponsel ini yaitu 160.5 x 74.5 x 8.3 mm, dengan bobot 178g.

Untuk layarnya sudah menggunakan proteksi Gorilla Glass 3. Sementara, bodi frame samping dan bagian belakangnya terbuat dari material polikarbonat.

2. Chipset MediaTek Helio G95 Performa Tinggi

dibekali prosesor chipset MediaTek Helio G95 (12 nm) octa-core. Kedelapan inti CPU tersebut, yaitu dua Cortex-A76 dengan kecepatan 2.05GHz, dan 6 Cortex-A55 dengan kecepatan 2.0GHz. Tidak lupa dilengkapi GPU Mali-G76 MC4 yang powerful.

Sementara, untuk ruang penyimpanan, di Indonesia menawarkan 2 varian RAM dan memori internal (ROM). Ada RAM dan ROM 4GB/64GB dan 6GB/128GB.

3. Layar Tajam AMOLED Dotdisplay 6.43”

POCO M5s hadir dengan layar AMOLED Dotdisplay 6,43 inci. Layar ponsel ini memiliki tingkat kecerahan 450 nits (typ), 700 nits (HBM), sampai 1100 nits (maksimum). Sementara, untuk rasio layar-ke-bodi yaitu 83,5%.

Sedangkan, resolusi layarnya yaitu 1080 x 2400 pixels, dengan rasio 20:9, dan kerapatan pixels ~409 ppi. Layar smartphone ini menggunakan proteksi Corning Gorilla Glass 3.

4. Kamera Quad 64MP untuk Setiap Momen

Pada ponsel POCO M5s tersemat kamera utama di belakang berupa quad camera. Main camera tersebut ada empat, yaitu kamera wide 64MP, ultrawide 8MP, makro 2MP, dan depth 2MP.

Kamera belakangnya dilengkapi fitur LED flash, HDR, panorama. Kamera belakang tersebut juga dapat merekam video 4K@30fps, 1080p@30/60/120fps, dan 720p@960fps.

Sementara, di depan terdapat single camera untuk selfie berupa kamera wide 13MP. Fitur yang melengkapinya adalah HDR. Kamera depan tersebut dapat merekam video 1080p@30fps.

Baca juga  5 Hal tentang OPPO Reno 8 T, Gadget Terbaru yang Memukau

5. Baterai 5000mAh Pengisian Daya 33W

Untuk mendukung semua aktivitas, POCO M5s dibekali dengan baterai 5000mAh dan pengisian dayanya 33W. Kapasitas baterai penuh menurut hasil uji coba, cukup untuk video playback hingga 17 jam 40 menit.

Sementara, untuk aktivitas lainnya, seperti online TikTok selama 30 menit, baterai berkurang 4%. Untuk online YouTube 1080p selama 30 menit, baterai berkurang 4%. Sedangkan, untuk bermain game Genshin Impact Lowest – 60 selama 30 menit, baterai berkurang 7%.

6. Fitur NFC, Giroskop, Fast Charging

POCO M5s lengkap dengan berbagai fitur pendukung, termasuk NFC untuk transaksi dengan e-money, giroskop untuk akurasi gaming, serta fast charging. Menurut klaim POCO, dengan fast charging, baterai ponsel ini dapat terisi hingga 64% dalam waktu 30 menit.

Harga POCO M5s

POCO M5s di Indonesia hadir dalam dua varian RAM dan memori internal, yang sekaligus membedakan harga masing-masing. Berikut harga POCO M5s terbaru:

  • POCO M5s – 4GB/64GB – mulai dari Rp2,2 jutaan
  • POCO M5s – 6GB/128GB – mulai dari Rp2,5 jutaan
Kelebihan POCO M5s

POCO M5s hadir dengan berbagai kelebihan yang disukai pengguna, di antaranya:

1.  Bersertifikasi IP53 Tahan Debu dan Percikan Air 

POCO M5s sudah tersertifikasi IP53, yang berarti ponsel ini tahan debu dan percikan air. Bukan untuk dibawa berendam atau berenang, tapi kalau terkena percikan air seperti hujan gerimis misalnya, maka smartphone akan baik-baik saja.

2. Dilengkapi Kamera Ultra-Wide yang Sudah Jarang Ada

Smartphone masa kini sudah semakin jarang menggunakan kamera ultra-wide. Namun, POCO M5s masih dilengkapi dengan kamera ini. Dengan menggunakan kamera tipe ultra-wide, bidang pandang untuk pengambilan gambar jauh lebih luas, sehingga cocok untuk foto lanskap.

3. Kecerahan Maksimal Bisa Sampai 1100 nits

Nits atau peak brightness adalah kecerahan maksimum yang dapat dicapai oleh layar. POCO M5s mencapai kecerahan 1100 nits, sudah di atas 1000 nits. Jadi, layarnya terang, bahkan di bawah sinar matahari, sehingga penggunaan di luar ruangan tetap terasa nyaman.

4. Rekaman Video Kamera Berkualitas 4K@30fps

Kamera utama POCO M5s dapat merekam video berkualitas 4K@30fps. Sementara, kamera smartphone lain di kelasnya, masih jarang berfungsi untuk perekaman video dengan kualitas tersebut. Hasil videonya di kondisi cahaya terang terihat tajam dan jernih.

Baca juga  Realme 10 Pro+ Akan Meluncur di Indonesia

5. Menggunakan Sistem Audio Dual Speaker

POCO M5s telah dilengkapi dengan dual speaker. Berarti, terdapat dua speaker pada smartphone ini. Kualitas audio yang dihasilkannya lebih baik dan jernih, daripada suara yang terdengar dari mono speaker atau satu speaker saja.

Kekurangan POCO M5s

POCO M5s juga memiliki kekurangan yang dapat diperhatikan, di antaranya:

1. Tidak Dilengkapi Adaptor Charger

Ini mungkin menjadi salah satu kekurangan yang cukup mengecewakan. POCO M5s hanya dilengkapi dengan kabel USB sekaligus kabel charger, tapi tidak ada adaptor atau kepala charger. Adaptor charger tersedia, tapi harus dibeli secara terpisah.

2. Performa Baterai Biasa Saja

POCO M5s dibekali dengan baterai yang memiliki kapasitas 5000mAh. Meskipun kapasitasnya besar, tapi sebenarnya, performanya bisa lebih baik lagi. Contohnya, untuk video playback bisa sampai 17 jam 40 menit, tapi semestinya dapat mencapai 20 jam.

3. Frame Rate Saat Gaming Naik Turun

Frame rate per second (fps) penting untuk gaming, agar grafik mulus dan swipe terasa halus. Semakin tinggi fps, semakin bagus. saat bermain game, frame rate bisa mencapai 60Hz. Namun, setelah dimainkan selama 10 menitan, frame rate cenderung menurun ke 50Hz. Kadang, bisa sampai 40Hz atau 30Hz.

4. Noise di Foto dan Video Saat Minim Cahaya

Memotret atau merekam video dengan POCO M5s, dalam kondisi cahaya minim, akan memunculkan noise. Terutama, saat memotret atau merekam subjek yang gelap, seperti langit malam, akan terlihat seperti bersemut. Namun, detailnya masih dapat jelas tertangkap.

5. Refresh Rate Layar Masih 60Hz

Secara keseluruhan, refresh rate layar ponsel ini masih berada di angka 60Hz. Refresh rate tersebut tidak mengecewakan, tapi bukan merupakan yang terbaik. Jadi, tampilan visual, usapan, dan guliran pada layar bisa smooth tapi belum maksimal.

Jadi, POCO M5s cukup bagus kualitasnya. Bukan smartphone flagship tapi sudah cukup mumpuni, cocok untuk menyimpan banyak file, seperti film dan series, aplikasi, juga game. Ada selisih Rp300 ribuan antara dua varian RAM dan memori internal, jadi lebih baik pilih 6GB/128GB yang lebih besar kapasitasnya. (*)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

7 thoughts on “POCO M5s: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]