Search
Search
Close this search box.

Rabithah Alawiyah Balikpapan Gelar Ziarah Kubro Menuju Masjid Agung At-Taqwa Balikpapan sebagai Tradisi Tahunan Menyambut Ramadhan

Rabithah Alawiyah Balikpapan Gelar Ziarah Kubro Menuju Masjid Agung At-Taqwa Balikpapan sebagai Tradisi Tahunan Menyambut Ramadhan

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Rabithah Alawiyah Balikpapan akan menggelar ziarah kubro rutin tiap tahun saat mendekati bulan suci Ramadhan. Untuk menyambut Bulan Ramadan 1444 Hijriah yang diikuti sekitar ratusan jamaah dari seluruh majelis taklim, para alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat dan dihadiri Wali Kota Balikpapan.

Untuk itu, Rabithah Alawiyah Balikpapan menggelar Ziarah Kubro di Masjid Agung At-Taqwa Balikpapan, pada Minggu (19/2/3/2023).

Tepat pukul 07.00 Wita para jamaah berkumpul di simpang tiga Plaza Balikpapan atau disebut Balikpapan Center (BC) dengan berpakaian baju atau gamis putih.

Rabithah Alawiyah Balikpapan Gelar Ziarah Kubro Menuju Masjid Agung At-Taqwa Balikpapan sebagai Tradisi Tahunan Menyambut Ramadhan
Rabithah Alawiyah Balikpapan menggelar ziarah kubro (foto ; to)

Rombongan jamaah tersebut berkumpul untuk melakukan pawai shalawat menuju Masjid Agung At Taqwa. Sesampainya di sana, rombongan melaksanakan ziarah atau haul Habaib di pemakaman masjid tersebut.

Setelah itu, jamaah mengikuti serangkaian acara seperti doa, tahlil, pembacaan manaqib, dan tausyiah agama di dalam lantai I Masjid Agung At-Taqwa.

Untuk itu, Ketua Rabithah Alawiyah Balikpapan, Habib Muhammad Hadi bin Abdurrahman Al Haddad mengatakan, kegiatan ini ada beberapa rangkaian, yang pertama ziarah kubro.

Baca juga  Bank Indonesia Sediakan Rp 1,39 Triliun Uang Pecahan untuk Lebaran dan Bisa Ditukar di 149 Titik di Balikpapan, PPU dan Paser

“Kita di Balikpapan ini tinggal dan mencari rezeki di sini, tentunya di sini banyak pejuang Islam khususnya para habaib, ulama, kiai, dan guru maka itu kita adakan ziarah kubro untuk baca doa mendoakan mereka yang telah meninggalkan kita dan sudah berhasil, Insya Allah yang saat ini sudah bersama mereka bersama Nabi Muhammad SAW,” katanya.

Habib Muhammad Hadi juga menyampaikan, semua jamaah di sini bertabaruk mengambil barokah mereka dengan bertawasul agar apa yang dihajatkan semua dikabulkan oleh Allah SWT.

Rabithah Alawiyah Balikpapan Gelar Ziarah Kubro Menuju Masjid Agung At-Taqwa Balikpapan sebagai Tradisi Tahunan Menyambut Ramadhan
tausyiah agama di dalam lantai I Masjid Agung At-Taqwa (foto : to)

“Apa yang kita hajatkan diberkahi oleh Allah SWT, untuk khususnya kepada ummat Islam di Balikpapan umumnya kita mendoakan seluruh ummat di Indonesia. Mudah-mudahan doa kita sampai kepada mereka dan mereka bangga kepada kita, karena kita penerus-penerus mereka, penyambung lidah penerus dakwah Nabi Muhammad SAW. Jadi tidak ada yang kita harapkan, kecuali keberkahan mereka untuk ummat Nabi Muhammad khususnya di Balikpapan,” ucapnya.

Dia juga menjelaskan, kegiatan ini juga untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan. Bulan yang sangat mulia yang dimuliakan Allah SWT.

Baca juga  Momen Peringatan HUT Kota Balikpapan Ke 126, Wali Kota Resmikan SMP Negeri 25 Balikpapan

“Barangsiapa yang memuliakan Bulan Ramadan mereka akan dimuliakan oleh Allah SWT, maka itu barangsiapa yang senang menyambut Ramadhan Allah jauhkan dia dari api neraka. Insya Allah,” terangnya.

“Maka dengan ziarah kita membaca shalawat, tawasul, dan lainnya, itu untuk ungkapan kita. Ungkapan menyambut senangnya atas masuknya Bulan Ramadan. Mudah-mudahan Bulan Ramadan ini menjadi berkah, panjang umur, disisa Bulan Syaban kita diberkahi disampaikan Bulan Ramadan dalam keadaan sehat wal alfiat sehingga kita bisa mendapatkan Idulfitri yang dimuliakan Allah SWT,” ujarnya.

Sementara itu, Kabag Kesra, Budy Mulyatno mewakili Wali Kota Balikpapan mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan.

“Semoga kita semua diberikan kepanjangan umur untuk dapat bertemu Bulan Ramadhan agar bisa melakukan amal ibadah yang berlipat-lipat, dan mari kita pada kegiatan ini untuk saling mendoakan Rasulullah SAW, orang tua, alim ulama, dan semua yang telah mendahului kita semoga dapat diberikan tempat yang terbaik disisi Allah SWT,” ucap Budy. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]