Search
Search
Close this search box.

DLH Akan Membangun PDU Sampah, Bisa Menjadi Opsi Perpanjangan Masa Pakai TPA Manggar

DLH Akan Membangun PDU Sampah, Bisa Menjadi Opsi Perpanjangan Masa Pakai TPA Manggar

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Balikpapan mulai tahun ini akan membangunan pusat daur ulang (PDU). Dengan keberadaan PDU, sampah dirancang dikelola habis di lingkungan masing-masing.

Dengan PDU sebagai bentuk untuk menanggulangi permasalahan sampah yang ada di Kota Balikpapan. “Jadi, sampah itu masuk di Pusat Daur Ulang sampah. Nanti sampah warga akan diproses, kemudian dipilah yang akhirnya bisa mendapatkan nilai ekonomis,” ujar Kepala DLH Kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana kepada awak media, pada Selasa (25/7/2023).

Sudirman juga menyampaikan, dengan adanya PDU ini, diharapkan sampah domestik bisa langsung dipilah. “Yang plastik masuk plastik, yang kertas dipilah masuk kertas, kemudian sampah organik nanti akan jadi kompos,” ucapnya.

Baca juga  Sabaruddin: Pemkot Balikpapan Perlu Ada Blueprint untuk Membuka Jalan Alternatif

Menurutnya, karena banyak sampah domestik yang dari rumah tangga diikat plastik, kemudian dikemas oleh masyarakat dan langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Manggar.

Tentu saja dengan adanya pembangunan PDU ini bisa menjadi opsi perpanjangan masa pakai TPA Manggar Balikpapan. “Semoga usia TPA Manggar bisa tambah panjang. Jadi sebelum masuk TPA itu bisa diproses dulu sampahnya,” tuturnya.

“Dengan adanya pemilahan itu, diharapkan sampah di Kota Balikpapan bisa berkurang sekitar 50 persen,” pungkasnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]