Search
Search
Close this search box.

Ketua Komisi IV DPRD, Doris: Peraturan Pemerintah, Kapasitas Sekolah Negeri Maksimal 70 Persen dan Swasta 30 Persen

Ketua Komisi IV DPRD, Doris: Peraturan Pemerintah, Kapasitas Sekolah Negeri Maksimal 70 Persen dan Swasta 30 Persen

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Dari tahun ke tahun Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) masih terus menjadi persoalan. Kalaupun nanti sistem zonasi itu akan diubah harusnya juga akan dikombain dengan kearifan lokal yang ada di sekitar sekolah.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Balikpapan, Doris Eko Rian Desyanto mengatakan, dengan kondisi sekarang, sekolah di kota Balikpapan banyak sudah di atas 65 persen. Sebenarnya kalau tahun depan kita sistem zonasinya dari segi sekolah dengan daya tampung kalau semua merata, pasti akan cukup.

“Apalagi wali murid, ingin anak-anaknya dekat dari lokasi sekolah. Kalau masalah pada PPDB itu akan tetap ditemukan tiap tahun, Sehingga perlu dilakukan penyempurnaan kalau bisa ada kombain dengan kearifan lokal,” kata Doris, kepada awak media, pada Rabu (23/8/2023).

Baca juga  Seru, Diskusi di Cafe Baca Hadirkan Budiono dan Hery Sunaryo

“Jangan sampai warga yang tinggal di wilayah sekitar tidak diterima. Seperti yang pernah terjadi pada beberapa tahun sebelumnya, ada warga yang tinggal tidak jauh dari sekolah, pemisah hanya tembok rumah, namun warga tidak tertampung,” ujarnya.

Sementara itu, politisi fraksi Golkar menjelaskan, sesuai aturan, pemerintah hanya diperbolehkan menyediakan kapasitas sekolah negeri maksimal 70 persen dan dikelola oleh sekolah swasta 30 persen.

Untuk mencukupi data tampung sekolah negeri, pihaknya mendorong agar pemerintah kota mengambil alih pengelolaan sekolah swasta yang masih kesulitan mendapatkan siswa dan tanpa harus membangun sekolah baru.

“Meskipun sudah menerima bantuan operasional Sekolah (BOS), sekolah swasta yang kurang murid tersebut masih sulit untuk bertahan sehingga pemerintah perlu mengambil langkah agar untuk melakukan take over atau pengambil alih,” kata Doris kepada awak media.

Baca juga  Pemuda Tewas di Kamar Hotel, Usai Pesta Miras

Dan perlu dilakukan adanya peningkatan sekolah swasta yang sudah ada, khususnya untuk sekolah swasta yang hingga saat ini masih kurang diminati sehingga masih kekurangan murid. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]