Search
Search
Close this search box.

Kukar Unggul dalam Penggunaan IKD, Ini Alasannya

Kepala Disdukcapil Kukar, Muhammad Iryanto (Foto: Istimewa)

PROKALTIM,KUKAR- Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi daerah dengan pengguna Identifikasi Kependudukan Digital (IKD) terbanyak di Kalimantan Timur (Kaltim). Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 20.500 warga Kukar yang mengaktifkan IKD.

IKD adalah aplikasi yang menampung data kependudukan warga, seperti KTP, KK, kartu pemilih, dan BPJS. Aplikasi ini dapat diunduh dan diakses melalui smartphone, sehingga memudahkan warga untuk mengurus administrasi kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kukar, Muhammad Irianto, mengatakan bahwa jumlah pengguna IKD di Kukar sudah melebihi target yang ditetapkan untuk tahun ini. Ia menilai bahwa ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dalam mendorong digitalisasi.

“Kami terus melakukan sosialisasi dan aktivasi hingga desa-desa. Dan sampai saat ini IKD di Kukar sudah 20.500 lebih. Dan angka ini masih tertinggi di Kaltim,” ungkap Irianto saat dikonfirmasi pada Senin (30/10/2023).

Baca juga  Masyarakat Kelurahan Baru Ikuti Pelatihan Pemadam Kebakaran

Untuk mengaktifkan IKD, warga tidak perlu mengganti KTP. Warga cukup membawa smartphone mereka dan melapor ke petugas kecamatan di paten. Petugas akan memberikan QR Code yang harus dipindai oleh aplikasi IKD. Proses ini dilakukan secara fleksibel dan gratis.

“Kami juga himbau masyarakat Kukar untuk segera mengaktivasi IKD ini karena gratis dan keuntungannya banyak bagi masyarakat,” tutur Irianto. (Jo/Tom/Adv Diskominfo Kukar)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]