Search
Search
Close this search box.

Anggota Dewan Pantun Gultom Akui Kelurahan Sepinggan Baru Belum Miliki Puskesmas

Anggota Komisi IV DPRD Balikpapan, Pantun Gultom
Anggota Komisi IV DPRD Balikpapan, Pantun Gultom

PROKALTIM.COM, BALIKPAPAN – Masalah ketersediaan fasilitas umum (Fasum) juga masih jadi keluhan warga Kelurahan Sepinggan Baru. Meski sudah lama menjadi wilayah pemekaran, namun hingga kini warga masih kesulitan mendapat akses fasum.

Untuk itu, pemerataan fasilitas kesehatan bagi masyarakat merupakan salah satu kewajiban pemerintah.

Anggota Komisi IV DPRD Balikpapan, Pantun Gultom mengatakan, sebagai kawasan pemekaran baru, Kelurahan Sepinggan Baru belum tersedia fasilitas kesehatan Puskesmas.

“Puskesmas belum ada. Puskesmas yang ada cuma satu. Itu yang di dekat SMK Negeri 1. Itu untuk melayani tiga kelurahan sekaligus,” ujarnya kepada wartawan kepada wartawan, pada Jumat (17/11/2023).

Kondisi ini, lanjut Gultom, mengakibatkan jumlah warga yang berobat tidak sebanding dengan kapasitas Puskesmas. Akibatkan sering terjadi penumpukan untuk memperoleh pelayanan kesehatan. Apalagi Puskesmas merupakan garda terdepan pelayanan kesehatan pertama bagi masyarakat.

Baca juga  Komisi IV DPRD Balikpapan Sidak Sejumlah Puskesmas, Inilah Temuannya

“Saya pernah ketemu kepala puskesmasnya. Dia bilang masyarakat yang datang berobat banyak. Terus kapasitas puskesmas belum upgrade. Jadi mereka kesulitan menambah pegawai untuk mempercepat pelayanan,” ucapnya.

Menurut Gultom, pihaknya sudah pernah mengusulkan pembangunan Puskesmas untuk kawasan Sepinggan Baru. Hal itu mempertimbangkan jarak dan besaran populasi masyarakat di sana. Meski Puskesmas yang ada saat ini sudah membuka pelayanan hingga 24 jam. Sehingga dengan adanya Puskesmas baru otomatis pelayanan kepada warga semakin dekat dengan domisili mereka.

“Kita coba usulkan penambahan puskesmas untuk Sepinggan Baru. Karena daerah itu tergolong kawasan padat. Memang puskesmas yang ada sudah 24 jam. Tapi jumlah pegawainya tidak sebanding warga yang datang,” tambahnya. (to)

Baca juga  Terjadi Pelanggaran, DPRD Bentuk Tim 10, Fasum dan Fasos di Balikpapan Baru Terkesan Dibiarkan

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]