Search
Search
Close this search box.

Sedikitnya 50 Orang Tewas Saat Israel Serang Sekolah PBB di Kamp Pengungsian Jabalia

Warga Palestina berlindung di sekolah PBB saat serangan Israel di Gaza berlanjut pada hari ke-9, di Deir al Balah, Gaza pada 15 Oktober 2023. Foto : ( Ashraf Amra - AA )
Warga Palestina berlindung di sekolah PBB saat serangan Israel di Gaza berlanjut pada hari ke-9, di Deir al Balah, Gaza pada 15 Oktober 2023. Foto : ( Ashraf Amra - AA )

PROKALTIM.COM, GAZA -Israel menyerang sekolah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di kamp pengungsian Jabalia, di Utara Jalur Gaza. Seorang pejabat Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas di Jalur Gaza mengatakan “sedikitnya 50 orang” tewas pada Sabtu (18/11).

Sekolah tersebut digunakan sebagai tempat perlindungan bagi para pengungsi. Serangan terhadap Sekolah Al-Fakhura yang dikelola PBB di kamp pengungsi Jabalia di utara Jalur Gaza terjadi “saat fajar,” kata pejabat itu kepada AFP.

Video di media sosial – yang tidak dapat diverifikasi oleh AFP – menunjukkan gambar sejumlah mayat yang berlumuran darah dan diselimuti debu di lantai sebuah gedung. Terlihat pula gambar kasur-kasur terjepit di bawah meja sekolah.

Baca juga  Abdulloh: Do’akan Agar Permasalahan Palestina Cepat Selesai

Tentara Israel tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) juga tidak dapat memberikan tanggapan langsung.

Jabalia adalah kamp pengungsi terbesar di Gaza, menampung sekitar 1,6 juta orang yang mengungsi akibat pertempuran antara Israel dan Hamas selama lebih dari enam minggu.

Pada awal November, Pemerintah Hamas mengatakan lebih dari 200 orang tewas dan ratusan lainnya terluka akibat aksi pengeboman Israel di Kamp Jabalia selama tiga hari berturut-turut.

Israel bersumpah untuk menghancurkan Hamas sebagai tanggapan terhadap serangan 7 Oktober. Para pejabat Israel mengatakan serangan tersebut menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil di Israel selatan, dan menyebabkan sekitar 240 orang disandera.

Baca juga  Inilah Asal Ambulans Viral Berlogo Pemkot Padang Bantu Korban Serangan Israel

Sejak itu pasukan Israel terus melancarkan serangan udara dan darat tanpa henti sehinggga merenggut 12.000 orang nyawa, termasuk di antaranya 5.000 anak-anak, menurut Pemerintah Hamas yang memerintah Gaza sejak 2007. [ah]

(berita ini telah terbit di VOA, dengan judul “Hamas: ‘Sedikitnya 50 Orang Tewas’ dalam Serangan terhadap Sekolah,” PBB https://www.voaindonesia.com/a/hamas-sedikitnya-50-orang-tewas-dalam-serangan-terhadap-sekolah-pbb/7360547.html)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]