Search
Search
Close this search box.

Warga Kelurahan Baru Tengah Dapatkan Pencerahan Wawasan Kebangsaan Sigit Wibowo

kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan (Sosbang) yang ke-6 Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sigit Wibowo, yang dilaksanakan di ruang SMP Negeri 4 Kelurahan Baru Tengah
kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan (Sosbang) yang ke-6 Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sigit Wibowo, yang dilaksanakan di ruang SMP Negeri 4 Kelurahan Baru Tengah

PROKALTIM.COM, BALIKPAPAN – Sosialisasi wawasan kebangsaan (Sosbang) kali ini dilakukan Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sigit Wibowo, di ruang SMP Negeri 4 Kelurahan Baru Tengah, Balikpapan Barat, Kaltim.

Sosbang Sigit Wibowo yang ke-6 dihadiri, yaitu Babinsa, Bhabinkamtibmas, juga hadir dari warga RT 3, 13, 17, 19, 37, 43 dan RT lainnya dari Balikpapan Barat.

Pada kesempatan tersebut sebagai narasumber Gigih Widya Wirawan dari Lembaga Mitra Iswara dan Sutiawan Puji Wahyono dari Lembaga Informasi Pembagunan Daerah dan sebagai Moderator Joko Prasetyo.

Sosialisasi meliputi empat konsensus kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), pada Rabu (22/11/2023).

Baca juga  Gelar Sosbang, Bagus Susetyo Sebut untuk Tanamkan Nilai Pancasila di Masyarakat

Sigit Wibowo memaparkan bahwa kegiatan Sosbang ini adalah kegiatan rutin DPRD Kaltim yang bertujuan menumbuhkan rasa cinta dan pemahaman masyarakat terhadap tujuan kita dalam hidup berbangsa dan bernegara.

“Sosialisasi wawasan kebangsaan merupakan salah satu tanggung jawab DPRD Kaltim dalam rangka membangun landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara terdiri dari landasan ideologi pancasila, konstitusi, persatuan dan kesatuan, dan semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia dan pembangunan di daerah,” ujar Sigit.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga menyampaikan, sikap dan tindakan warga negara yang didasari oleh kecintaan pada negaranya, untuk melindungi dan mempertahankan negaranya dari berbagai macam ancaman, baik ancaman dari dalam negeri maupun ancaman dari luar negeri.

Baca juga  Anggota DPRD Kaltim Muhammad Udin Minta ESDM Aktif Awasi Kegiatan Pasca Tambang

“Bela negara diperlukan karena adanya ancaman yaitu, setiap usaha dan kegiatan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang dinilai membahayakan kedaulatan Negara, keutuhan wilayah Negara dan keselamatan bangsa,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua RT 37 Baru Tengah juga memberikan apresiasi kepada DPRD Kaltim yang telah menyelegarakan kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Kota Balikpapan, khususnya masyarakat yang hadir di SMP Negeri 4 Balikpapan Barat. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]