Search
Search
Close this search box.

Perkuat Jati Diri Bangsa, Sigit Wibowo Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan di RT 60 Graha Indah Balikpapan

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Dalam rangka memberikan pendidikan wawasan kebangsaan kepada masyarakat, DPRD Kaltim melaksanakan program Sosialisasi Wawasan Kebangsaan. Yang bertujuan memperkuat jati diri bangsa.

Salah satunya Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di RT 60 Kelurahan Graha Indah Kecamatan Balikpapan Utara. Agenda Sosbang tersebut dihadiri masyarakat yang terdiri dari tokoh masyarakat, Dasawisma dan tokoh agama, pada Sabtu (9/12/2023).

Kegiatan Sosbang tersebut sebagai narasumber Gigih Widya Wirawan dari Lembaga Mitra Iswara dan sebagai Moderator Joko Prasetyo.

Dalam kesempatan itu, Sigit menyampaikan makna Pancasila, pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Hal itu dilakukan guna meningkatkan wawasan Empat Pilar Kebangsaan masyarakat di Kelurahan Graha Indah.

Baca juga  Infrastruktur, Air Bersih dan Pendidikan Jadi Prioritas di Reses H Aco

Dia berharap, sosialisasi Empat Pilar ini mampu menjadi konsepsi nasional yang menyatukan keragaman. Karena menurutnya, Empat Pilar Kebangsaan memiliki peranan penting sebagai perekat konsensus bersama baik Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, UUD sebagai konstitusi negara, Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara, maupun NKRI sebagai bentuk negara.

“Jadi Bangsa yang besar adalah negara yang memiliki banyak godaan serta ancaman. Memperkuatkan dan menanamkan kembali nilai-nilai empat pilar, merupakan hal yang mesti terus digaungkan menuju Indonesia satu, tumbuh dan kuat.

“Masyarakat khususnya generasi penerus bangsa mesti terus diingatkan tentang pentingnya empat pilar, agar Konsensus tersebut menjadi pedoman yang selalu dipegang jika dihadapkan dengan segala cobaan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa” lanjutnya.

Baca juga  Selamat Ari Wibowo Tancap Gas Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Jalankan Sisa Masa Tugas 

Sigit menambahkan 4 pilar tersebut harus dapat dipertahankan sehingga dibutuhkannya semangat nasionalisme, patriotisme serta komitmen dari setiap warga.

Dan disela-sela acara, Sigit memberikan pertanyaan untuk di jawab, seperti mengucapkan Pancasila dengan benar juga sumpah pemuda dan lain-lain yang ada hubungannya dengan wawasan kebangsaan. (*)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]