Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Kalah 1-3 dari Irak

PROKALTIM – Indonesia vs Irak di laga Grup D Piala Asia 2023 sudah tuntas. Garuda harus menyerah dengan skor 1-3 atas Singa Mesopotamia.

Bermain di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024), Indonesia tertinggal 1-2 dari Irak di babak pertama. Gol Irak dicetak Mohanad Ali dan Osama Rashid, sementara satu gol Indonesia dicetak Marselino Ferdinan.

Di babak kedua, Irak bisa menambah satu gol lagi lewat Aymen Hussein. Skor 1-3 bagi kekalahan Indonesia bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Hasil ini menempatkan Indonesia menjadi juru kunci sementara Grup D dengan nirpon, di bawah Vietnam, yang sebelumnya ditekuk Jepang 2-4. Irak sementara di posisi dua, di bawah Samurai Biru dengan sama-sama tiga poin.

Selanjutnya, Indonesia akan melawan Vietnam di laga kedua Grup D Piala Asia 2023. Laga digelar pada 19 Januari mendatang.

Jalannya Pertandingan

Gawang Indonesia sedianya digempur sejak awal. Irak banyak menghadirkan peluang, meski lawan sesekali mengancam.

Peluang pertama Irak datang di menit ke-3. Berawal dari set pieces, tandukan Osama Rashid masih menyamping dari gawang Indonesia.

Indonesia membalas dua menit berselang. Marselino punya peluang di kotak penalti, melepaskan shot kaki kiri, dan bolanya kena tiang!

Irak terus menggempur Indonesia. Beberapa peluangnya nyaris berbuah gol, termasuk satu peluang membentur mistar gawang Indonesia dari set pieces.

Baca juga  Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam dengan Skor 1-0

Terus digempur, akhirnya gawang Indonesia bobol juga di menit ke-17. Mohanad Ali yang menjebol gawang Ernando Ari Sutaryadi.

Berawal dari umpan terobosan pemain Irak, usai Marselino kehilangan bola, tiga pemain Indonesia gagal menghalaunya. Bola bisa dikuasai Ali, membawanya ke depan, dan dengan mudah memasukkannya ke gawang dengan sepakan deras. Irak unggul 1-0.

Tertinggal tak membuat Indonesia menyerah. Hasilnya, Marselino Ferdinan bisa menyamakan skor di menit ke-37.

Marselino bisa menyelesaikan umpan menyusur tanah dari sisi kanan, yang dilepaskan YakobSayuri. Dengan dingin, Marselino merobek gawang Irak. Skor menjadi 1-1.

Memasuki menit akhir babak pertama, percobaan jarak jauh coba dilakukan Rafael Struijk. Dari luar kotak, ia melepaskan shot, namun arahnya tidak jelas. Bola jauh dari sasaran.

Jelang turun minum, gawang Indonesia malah kebobolan. Osama Rashid menjebol gawang Indonesia, memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Ali Jasim yang ditepis kiper Ernando Ari. Skor 1-2, Garuda tertinggal dari Irak saat jeda.

Di babak kedua, Indonesia mengganti Asnawi Mangkualam dengan Witan Sulaeman. Dua menit berselang, gawang Indonesia kembali bobol.

Berawal dari umpan terobosan, Mohanad Ali menguasai bola dan bisa menjebol gawang Ernando Ari. Namun, wasit Tantashev Ilgiz dari Uzbekistan meninjau VAR, dan ternyata Ali sudah dalam posisi offside saat menerima umpan terobosan awal.

Baca juga  Jadwal Siaran Langsung Piala Asia 2023: Pertandingan Timnas Indonesia vs Jepang, Tayang di RCTI

Indonesia sempat lama bisa menyulitkan Irak, meski beberapa kali ditekan. Namun, gawang Indonesia tetap bisa dibobol lagi.

Di menit ke-75, Aymen Hussein, yang masuk menggantikan Mohanad Ali, bisa menjebol gawang Indonesia. Lewat crossing dari sisi kanan, Hussein memenangi duel udara dengan Rizky Ridho, membuat bek Indonesia terhuyung, dan Hussein menyelesaikan aksinya dengan sepakan keras ke gawang. Irak unggul 3-1.

Indonesia langsung melakukan tiga pergantian pemain. Marc Klok, Dimas Drajad, dan Ricky Kambuaya masuk. Namun, tak banyak perubahan terjadi.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor tetap bertahan. Indonesia kalah 1-3 dari Irak di laga perdana Grup D Piala Asia 2023.

Susunan Pemain

Indonesia: Ernando Ari (PG); Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott (Ricky Kambuaya 76′) Asnawi Mangkualam (Witan Sulaeman 45′), Ivar Jenner (Mark Klok 76′), Justin Hubner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Rafael Struick (Dimas Drajad 76′)

Irak: Jalal Hassan (PG); Hussein Ali Haidar, Saud Natiq, Ali Adnan, Merchas Gazhi; Osama Rashid (Youssef Amyn 71′), Ibraheem Bayesh, Amir Al Ammari; Zidane Iqbal (Bashar Rasan 60′), Mohanad Ali (Aymen Hussein 60′) Ali Jasim.(*)

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul “Indonesia Vs Irak: Garuda Disikat 1-3 di Piala Asia 2023”,link artikel klik disini

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kaltim News

ankara escort
akü servis akumyolda.comakücü akumyoldaakumyolda.comakumyolda.com akücü
ingilizceturkce.gen.tr
TranslateDict.com is a online platform that specializes in free translation, helping visitors to translate to English from a wide variety of languages.translatedicttranslatedict.com
Free Spanish to English translation services are available at spanishenglish.com to help you understand and communicate in both languages. spanishenglish.com
Scroll to Top

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]