Search
Search
Close this search box.

KPU Balikpapan Gelar Simulasi di Gedung Parkir Klandasan, Terkait Pelaksanaan Pemilu dan Penggunaan Sirekap

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, yang digelar di Gedung Parkir Klandasan, Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, pada Rabu (31/1/2024).

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha mengatakan, hari ini simulasi terakhir untuk memantapkan seluruh penyelenggaraan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam rangka persiapan pemilu 14 Februari 2024.

“Jadi hari ini hasil evaluasi simulasi yang pertama, ada beberapa kekurangan dan hari ini kita sempurnakan,” katanya.

Noor Thoha juga menyampaikan, saat simulasi pemilih juga riil di TPS ini serta dilakukan secara nyata tanpa rekayasa. Kemudian, partai politik (Parpol) juga bisa menyaksikan prosesnya, mulai dari pemilih masuk sampai keluar TPS.

Baca juga  KPU Balikpapan Terancam Tidak Membayar Listrik. Ini Penyebabnya

“Dipastikan, saya minta kepada teman-teman parpol, begitu nanti dalam pengisian plano, itu nanti betul-betul angkanya sudah tepat baru ditandatangani,” ucapnya.

Lanjutnya, karena nanti saat di penghitungan pleno ditingkat PPK, itu tidak ada lagi yang protes dan diminta dihitung ulang surat suaranya. “Ya, makanya dipastikan plano yang sudah diisi itu, dipastikan isiannya betul,” jelasnya.

Dia juga mengungkapkan, karena surat suara nanti akan masuk ke gudang, yang masuk ke ruang pleno hanya plano atau kertas Brief Card (BC) yang dibuat salinan. Dan berbeda dengan simulasi sebelumnya.

“Hari ini kita ulang-ulang, supaya teman-teman bisa paham betul tentang mekanisme pemungutan dan penghitungan di PPK,” ungkapnya.

Baca juga  Antrean hingga 4 Jam, Kampanye Akbar Anies-Cak Imin di JIS Gunakan e-Ticket

Memang pelaksanaan tersebut, melelehkan karena Undang-Undang (UU)-nya masih sama. Maka mekanismenya sama seperti 2019.

“Ya, bedanya adalah nanti salinan C hasil itu nanti kita siapkan anggaran untuk setiap TPS, untuk menyewa printer yang ada foto copy-nya. Nanti sebelum ditandatangani, dipastikan angkanya betul kemudian digandakan dulu,” jelasnya.

“Digandakan ke sejumlah saksi, itu yang melelahkan. Setelah itu ditandatangani, baru dibagi ke sejumlah saksi. Kalau tidak salah kita hitung saksinya ada 40-an, makanya membuat salinan itu bisa sampai pagi ketemu pagi,” pungkasnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]