Musrenbang Kecamatan Baltim hasilkan 12 Usulan Prioritas Sebanyak 64 Usulan Non Prioritas

PROKALTIM,BALIKPAPAN -Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Balikpapan Timur (Baltim) tahun 2025 dengan tema Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan yang Kreatif, yang digelar di Aula Embarkasi Haji Manggar, Balikpapan Timur, pada Kamis (1/2/2024).

Kegiatan Musrembang tersebut turut dihadiri oleh Anggota DPRD Balikpapan daerah pemilihan (dapil) Balikpapan Timur yakni, Nurhadi Saputra dan Ardianto. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Balikpapan, perwakilan DPU, para Lurah se-Baltim, LPM, dan sejumlah perwakilan ketua RT se-Baltim.

Camat Balikpapan Timur, Mustamin mengungkapkan, sebanyak 76 usulan proyek kegiatan fisik dari perwakilan 4 kelurahan di Kecamatan Baltim di masukan dalam kegiatan Musrenbang Kecamatan agar dapat direalisasikan pada tahun 2025 mendatang.

Dia juga menyampaikan, dari 76 usulan tersebut, 64 diantaranya merupakan kegiatan non prioritas, sementara 12 kegiatan fisik lainnya merupakan usulan prioritas. “Untuk 64 usulan ini diantaranya dari Kelurahan Manggar sebanyak 21 usulan, Manggar Baru 15 usulan dan Lamaru sebanyak 13 usulan, serta 15 usulan dari Kelurahan Teritip. Jumlah usulan yang menjadi kebutuhan di masing-masing RT tersebut sebenarnya masih sangat kurang,” ucap Mustamin.

Baca juga  Truk Pengangkut Pekerja di Balikpapan Kecelakaan, 7 Penumpang Luka-luka Dan 1 Meninggal

Sementara, terkait dengan usulan kegiatan prioritas, Mustamin menjelaskan beberapa diantaranya adalah pengembangan atau renovasi halaman parkir di Embarkasi Haji tidak hanya sebagai kawasan lahan parkir tetapi juga sebagai kawasan kuliner, lokasi pameran sekaligus upacara dan sebagai tempat pentas seni.

Lanjutnya, rencana lainnya, dengan menyebutkan rencana pembuatan sawah baru di kawasan Teritip seluas 197,6 hektar, yang saat ini telah dibuat jalan sepanjang 3,5 kilo. “Mudah-mudahan itu dapat menjadi lumbung padi terbesar di Balikpapan Timur,” ungkapnya.

“Kemudian kita juga mengusulkan agar dibangun kawasan pusat kuliner di dekat area Jembatan manggar melewati Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Karena wancana itu sangat berpotensi sekali untuk dikembangkan. Intinya kedepan kita ingin membangun seluas-luasnya kawasan kuliner di Baltim,” ujarnya.

Baca juga  TKI Asal Balikpapan Terpapar Varian Baru B117

Mustarmin juga menjelaskan, jika kedepannya nanti pihaknya juga akan mengusulkan pemekaran kelurahan di Manggar dengan menaruhkan 20 RT. “Kemarin sudah kita petakan, namun karena anggaran kita terbatas jadi Insya Allah tahun depan baru kita mekarkan menjadi 2 keluarahan di kawasan Manggar. Insya Allar Wali Kota sangat respon sekali untuk pengembangan pembangunan di wilayah Baltim. Mudahan nantinya bisa dirasakan manfaat baiknya oleh seluruh masyarakat di Baltim,” terangnya.

Dan tak hanya membahas program usulan warga, dalam Musrenbang tersebut, warga juga secara kompak melakukan deklarasi mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 agar berlangsung aman dan damai. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kaltim News

ankara escort
akü servis akumyolda.comakücü akumyoldaakumyolda.comakumyolda.com akücü
ingilizceturkce.gen.tr
TranslateDict.com is a online platform that specializes in free translation, helping visitors to translate to English from a wide variety of languages.translatedicttranslatedict.com
Free Spanish to English translation services are available at spanishenglish.com to help you understand and communicate in both languages. spanishenglish.com
Scroll to Top

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]