Toyota Tetap Unggul Sebagai Produsen Mobil Terlaris Sedunia Meskipun Diwarnai Skandal

PROKALTIM – Toyota Motor mempertahankan mahkotanya sebagai produsen mobil terlaris di dunia, selama empat tahun berturut-turut. Jenama asal Jepang ini berhasil membukukan rekor penjualan tahunan sebesar 11,2 juta unit kendaraan pada 2023.

Meskipun begitu, sang chairman juga meminta maaf atas skandal di tiga perusahaan grup.

 Disitat dari Reuters, produsen asal Negeri Tirai Bambu ini melaporkan lonjakan penjualan grup secara global sebesar 7,2 persen pada tahun lalu, termasuk yang terjadi pada pembuat mobil kompak Daihatsu dan pabrikan truk Hino.
Kedua anak perusahaan dan afiliasi Toyota Industries, juga tengah dilanda masalah tata kelola yang melibatkan prosedur uji sertifikasi untuk mobil dan mesin yang berpotensi merusak reputasi raksasa otomotif tersebut dalam hal kualitas dan keselamatan.
“Saya ingin menyampaikan permintaan maaf terdalam saya kepada pelanggan dan pemangku kepentingan kami atas ketidaknyamanan dan kekhawatiran yang disebabkan oleh penyimpangan berturut-turut di Hino Motors, Daihatsu dan Toyota Industries,” ujar Chairman Toyota, Akio Toyoda.

Penjualan grup Toyota ini sendiri telah melampaui 10 juta unit kendaraan selama sembilan dari 10 tahun terakhir, kecuali pada 2020 ketika pandemi Covid-19 yang memberikan pukulan telak di industri otomotif.

Baca juga  Kelebihan Daihatsu New Terios bagi Adventure Mania

Tak Penuhi Sertifikasi, Mesin Diesel Toyota Diinvestigasi

Toyota Industries Corporation (TICO) melaporkan kepada Toyota Motor Corporation (TMC), jika telah menerima laporan dari komite investigasi khusus. Hal ini terkait dengan penyelidikan potensi penyimpangan peraturan sertifikasi emisi domestik, yang tidak tepat di mesin diesel untuk raksasa otomotif asal Jepang tersebut.

Berdasarkan keterangan resmi, TICO merupakan pihak yang mengembangkan mesin diesel untuk mobil Toyota.

Penyelidikan menemukan bahwa kejanggalan terjadi selama pengujian keluaran tenaga untuk sertifikasi tiga model mesin diesel.

Selama pengujian sertifikasi, kinerja keluaran tenaga mesin diukur menggunakan ECU dengan perangkat lunak yang berbeda dari yang digunakan untuk produksi massal sehingga hasilnya dapat diukur untuk membuat nilai tampak lebih halus dengan variasi yang lebih sedikit.

Baca juga  Mobil Listrik Honda N-Van Lebih Murah dari Wuling Air EV

Dalam pengujian tersebut, sepuluh model kendaraan yang menggunakan mesin diesel terkena dampak secara global, termasuk enam di Jepang.

“Kami telah memverifikasi ulang produk produksi massal yang diproduksi di pabrik, dan memastikan bahwa mesin dan kendaraan terkena dampak memenuhi standar keluaran kinerja mesin,” tulis Toyota.

“Oleh karena itu, tidak perlu menghentikan penggunaan mesin atau kendaraan yang terkena dampak. Namun, kami meminta maaf sebesar-besarnya kepada pelanggan kami yang telah lama mendukung kendaraan yang terkena dampak, dan menunggu serta kepada seluruh pemangku kepentingan lainnya atas ketidaknyamanan dan kekhawatiran signifikan yang ditimbulkan,” lanjutnya. (*)

 

 

Artikel ini telah tayang di liputan6,com dengan judul “Toyota Pertahankan Posisi Produsen Mobil Terlaris Sedunia di Tengah Skandal”, link artikel klik disini

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kaltim News

ankara escort
akü servis akumyolda.comakücü akumyoldaakumyolda.comakumyolda.com akücü
ingilizceturkce.gen.tr
TranslateDict.com is a online platform that specializes in free translation, helping visitors to translate to English from a wide variety of languages.translatedicttranslatedict.com
Free Spanish to English translation services are available at spanishenglish.com to help you understand and communicate in both languages. spanishenglish.com
Scroll to Top

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]