Search
Search
Close this search box.

Cuaca Panas, DKK Balikpapan Waspadai Kenaikan Kasus DBD

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Menurut Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Balikpapan tercatat mencapai 280 sejak awal Januari hingga Maret 2024.

Pada hari Jumat (15/3/2024), Andi Sri Juliarty—juga dikenal sebagai Dio—Kepala DKK Balikpapan memberi tahu media bahwa ada penambahan kasus DBD di Kota Balikpapan, tetapi tidak signifikan.

Selain itu, dia menyatakan bahwa peningkatan ini sangat umum di Kecamatan Balikpapan Utara, terutama di daerah Kelurahan Graha Indah dan Gunung Samarinda.

Menurutnya, “Saat ini kami sedang melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) dan fogging, jika memang ditemukan kasus.”

Menurutnya, “Jika masyarakat menemukan kasus, mohon segera dilaporkan ke Puskesmas. Kasus pertambahan tersebut, saat ini kita berada pada posisi 280-an kasus sejak Januari 2024, meskipun tidak ada kasus kematian.”

Baca juga  Tahun 2024 Dinsos Balikpapan Pastikan Program BPJS Gratis Kelas III Berlanjut

Dio menyatakan bahwa dibandingkan dengan kota-kota lain di Provinsi Kalimantan Timur, Balikpapan masih belum mengalami kematian, meskipun hampir semuanya sudah meninggal.

Namun, pihaknya meminta masyarakat untuk tetap waspada karena kondisi cuaca yang tidak biasa atau ekstrem.

Ungkapnya, “Nyamuk demam berdarah lebih cepat bertelur ketika cuaca panas, jadi memang ada potensi kenaikan kasus ketika cuaca panas.”

Selanjutnya, hampir 60% kasus di kota Balikpapan berasal dari Kecamatan Balikpapan Utara.

Dio menjelaskan bahwa tahap pertama vaksinasi DBD sudah selesai. “Setelah lebaran akan dilanjutkan pada suntikan keduanya,” tutupnya. (to/eza)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]