Search
Search
Close this search box.

Optimis Rekapitulasi Kota Selesai 2 Hari, KPU Balikpapan Gelar Rapat Pleno Rakepaitulasi Suara

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan resmi memulai Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tingkat kota di Balroom Hotel Novotel, pada Minggu (3/3/2024).

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha mengatakan, rapat pleno tersebut dilakukan selama tiga hari (3-5 Maret), di mana para peserta dihadiri oleh KPU, Bawaslu dan PPK serta saksi-saksi dari Partai Politik.

“Namun untuk pembukaan Rapat Pleno hari ini, kami undang Pemerintah Daerah dan seluruh stake holder serta Forkopimda Balikpapan,” kata Noor Thoha, kepada awak media.

Dia juga menyampaikan, dalam rapat pleno dilakukan secara terbuka untuk umum. Namun dikarenakan ruangan rapat sangat terbatas, maka publik bisa mengakses dari monitor luar.

Baca juga  DKK Terjunkan 268 Tenaga Medis dan 21 Petugas KPPS Sakit

Kendati begitu, Thoha berharap Rapat Pleno dapat selesai lebih cepat dari agenda pelaksanaan. Karena hal itu mengacu pada pengalaman-pengalaman terdahulu, di mana saat Rapat Rekapitulasi Pleno dapat selesai hanya dalam waktu sehari semalam.

“Semoga ditanggal 3-5 Maret ini, Rekapitulasi Pleno dapat selesai lebih cepat pada tanggal 4 saja yakni hanya dua hari berjalan,” harapnya.

Dalam Rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara, terangnya, itu dilakukan berdasarkan urutan. Yang dimulai dari data suara Calon Presiden, lalu DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Seperti itu uratannya. Yang dibacakan itu hasil dari Kecamatan. Jadi kami tidak lagi membaca hasil di tingkat TPS,” bebernya.

Thoha menambahkan, bahwa selama pelaksanaan perhitungan suara tidak terlalu mengalami kendala. Hanya saja, ada dua Kecamatan yang mengalami keterlambatan dikarenakan memiliki banyak jumlah TPS.

Baca juga  Dirut PLN Pimpin Langsung Pengamanan Pasokan Listrik dari Posko Nasional Siaga Pemilu PLN

“Alhamdulillah seluruh PPK enam Kecamatan di Balikpapan sudah tuntas. Walau kemarin itu yang terakhir adalah Kecamatan Utara dan Selatan. Karena memang kami pahami, kedua Kecamatan itu memiliki paling banyak jumlah TPS. Paling banyak 490 TPS,” tutupnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]