Search
Search
Close this search box.

Level Air Waduk Manggar dan Teritip Mencapai Kapasitas 100 Persen

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Di Kota Balikpapan musim penghujan sudah tiba sejak beberapa pekan belakangan, juga curah hujan dilaporkan tinggi. Hingga Waduk Manggar dan Teritip sudah mencapai titik level air yang normal di atas 10 meter.

Direktur Utama Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB), Yudhi Saharuddin menyampaikan, pelayanan distribusi air bersih sudah hampir maksimal. Dikarenakan terjadi peningkatan level air Waduk Manggar dan Teritip.

“Produksi air di Waduk Manggar dan Teritip kini telah mencapai kapasitas 100 persen, meskipun ada tantangan kebocoran pipa yang harus segera ditangani,” kata Yudi.

Namun dikatakannya, Waduk Manggar khusus di Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Kampung Damai masih terdapat kebocoran sehingga perlu dilakukan perbaikan. Selain itu PTMB akan fokus memperbaiki pipa transmisi.

Baca juga  IPA Kampung Damai Terjadi Penurunan Debit Produksi

“Tugas utamanya saat ini adalah memperbaiki pipa transmisi agar Non-Revenue Water (NRW) tidak terjadi kehilangan banyak air,” ungkapnya.

Menurutnya, hal ini penting dilakukan agar distribusi air bersih dapat ditingkatkan. Walau produksinya masih belum 100 persen dan itu belum tentu terdistribusi.

“Kalau 100 persen menyala, kita masih kekurangan. Kalaupun penggiliran, nanti akan semakin banyak berkurang. Tetapi kita pakai cara, misalnya malam sudah tidak terpakai kita bisa masukkan ke receiver-nya,” terangnya.

Lebih lanjut dalam jangka panjang, ia mengaku pentingnya kajian teknis yang mendalam. Hal ini sebelum mengajukan penyertaan modal untuk perbaikan infrastruktur air.

“Saat ini, ada 35 titik pipa yang sedang diperbaiki secara bertahap dengan mempertimbangkan pengembangan Balikpapan di masa mendatang. Saya harus melakukan kajian yang lebih detail lagi. Kalau yang kemarin-kemarin itu kan Detail Engineering Disign (DED) yang lama, jadi kita pakai yang baru. Kita lihat perkembangan Balikpapan itu seperti apa kedepannya,” jelasnya. (to)

Baca juga  Malam ini, IPAM Waduk Manggar Km 12 Stop Produksi

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

1 thought on “Level Air Waduk Manggar dan Teritip Mencapai Kapasitas 100 Persen”

  1. Pingback: Terkait Pelayanan, Komisi II DPRD Balikpapan Gelar RDP bersama PTMB - PROKALTIM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]