Search
Search
Close this search box.

DPR: Kita Ikut Putusan MK Jika RUU Pilkada Belum Sah hingga Pendaftaran KPU

PROKALTIM – Pengesahan revisi Undang-Undang (UU) Pilkada masih tertunda setelah rapat paripurna DPR dinyatakan tidak memenuhi kuorum. Lantas, apa yang akan terjadi jika revisi UU Pilkada belum disahkan hingga pendaftaran calon kepala daerah (cakada) ke KPU?

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, menjelaskan bahwa revisi UU Pilkada sebenarnya telah dibawa ke rapat paripurna untuk disahkan menjadi UU. Namun, jika revisi UU tersebut belum disahkan, pihak DPR akan mengikuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Negara kita ini negara hukum. Kita awalnya memproduksi revisi menjadi undang-undang yang baru,” ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2024). “Namun, seandainya pada waktu pendaftaran cakada, undang-undang yang baru belum disahkan, maka kita akan mengikuti keputusan terakhir dari Mahkamah Konstitusi,” sambungnya.

Dasco juga mengungkapkan bahwa penjadwalan ulang rapat paripurna pengesahan revisi UU Pilkada belum ditentukan. Dia memastikan bahwa rapat paripurna tersebut tidak akan digelar pada hari itu.

“Saya belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut, yang pasti rapat paripurna ditunda karena tidak mencapai kuorum,” ungkap Dasco.

Lebih lanjut, Dasco menjelaskan bahwa kelanjutan rapat paripurna perlu dibicarakan di tingkat Rapat Pimpinan (Rapim) dan Badan Musyawarah (Bamus). Rapat paripurna juga harus dijadwalkan ulang sesuai ketentuan, yakni hanya digelar pada hari Selasa dan Kamis.

“Proses apakah akan dilanjutkan atau tidak harus sesuai mekanisme di DPR. Kita harus mengadakan rapim dan Bamus lagi, serta menyesuaikan dengan hari paripurna di DPR,” tutupnya. (*)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]