Search
Search
Close this search box.

BI Balikpapan Bantu Rp480 juta Tiga Kelompok Tani PPU

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Balikpapan menyerahkan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Bantuan Sumur Bor Dalam, sekaligus panen bawang merah, hari ini (17/2). Penyerahan dilaksanakan di lahan Kelompok Tani Karya Usaha, Desa Rintik, RT 3  Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Penyerahan bantuan senilai Rp 480 juta itu diberikan langsung oleh Kepala KPw BI Balikpapan, Sri Darmadi Sudibyo kepada Ketua Kelompok Tani Karya Usaha, Aisyah.

Kegiatan ini juga turut dihadiri Kepala Dinas Pertanian Penajam Paser Utara, Mulyono; perwakilan pemerintah masyarakat Desa Rintik, dan anggota Kelompok Tani Karya Usaha.

“PSBI Sumur Bor Dalam di Desa Rintik ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan air untuk pengairan lahan sebagai bagian program ketahanan pangan, khususnya bawang merah,” kata Sri Darmadi Sudibyo.

Baca juga  Harga Minyak Goreng Masih Tinggi, Apical Group dan Kementerian Perdagangan Lanjutkan Operasi Pasar
Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Bantuan Sumur Bor Dalam kepada Kelompok Tani. (foto; ist)

Hal itu, lanjutnya, mengingat terbatasnya sumber air sebagai dampak kemarau panjang pada tahun 2019. Selain itu, wilayah Desa Rintik yang belum terjangkau layanan air bersih juga memerlukan sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

“Keberadaan sumber air bersih ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan irigasi bagi tiga kelompok tani (poktan),” ungkapnya.

Ketiga poktan tersebut meliputi Poktan Karya Usaha, Poktan Karya Hidayah, dan Poktan Karya Jasa. Tidak hanya poktan, sumber air bersih itu pun dapat dimanfaatkan warga RT 2 dan RT 3 dengan jumlah sebanyak 495 jiwa.

“Bantuan juga dapat dimanfaatkan untuk fasilitas umum, seperti sekolah maupun mushala di sekitar lokasi sumur bor dalam,” jelasnya.

Baca juga  Kotak Infaq Masjid Dicuri Pedagang Bakso Keliling

Bank Indonesia berharap, bantuan sumber air bersih ini dapat membantu mencukupi kebutuhan air, mendukung kelancaran program ketahanan pangan khususnya hortikultura. Kemudian, bisa meningkatkan taraf hidup dan kualitas hidup masyarakat serta kapasitas ekonomi masyarakat.

“Kami juga berharap agar bantuan sumber air bersih ini dapat dirawat dan dikelola dengan baik, sehingga dapat terus mendatangkan manfaat bagi masyarakat di Desa Rintik dan sekitarnya,” tutupnya. (dah)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]