BI Balikpapan Bantu Rp480 juta Tiga Kelompok Tani PPU

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Balikpapan menyerahkan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Bantuan Sumur Bor Dalam, sekaligus panen bawang merah, hari ini (17/2). Penyerahan dilaksanakan di lahan Kelompok Tani Karya Usaha, Desa Rintik, RT 3  Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Penyerahan bantuan senilai Rp 480 juta itu diberikan langsung oleh Kepala KPw BI Balikpapan, Sri Darmadi Sudibyo kepada Ketua Kelompok Tani Karya Usaha, Aisyah.

Kegiatan ini juga turut dihadiri Kepala Dinas Pertanian Penajam Paser Utara, Mulyono; perwakilan pemerintah masyarakat Desa Rintik, dan anggota Kelompok Tani Karya Usaha.

“PSBI Sumur Bor Dalam di Desa Rintik ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan air untuk pengairan lahan sebagai bagian program ketahanan pangan, khususnya bawang merah,” kata Sri Darmadi Sudibyo.

Baca juga  Banjir 1,5 Meter, Petani Kukar Gagal Panen
Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Bantuan Sumur Bor Dalam kepada Kelompok Tani. (foto; ist)

Hal itu, lanjutnya, mengingat terbatasnya sumber air sebagai dampak kemarau panjang pada tahun 2019. Selain itu, wilayah Desa Rintik yang belum terjangkau layanan air bersih juga memerlukan sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

“Keberadaan sumber air bersih ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan irigasi bagi tiga kelompok tani (poktan),” ungkapnya.

Ketiga poktan tersebut meliputi Poktan Karya Usaha, Poktan Karya Hidayah, dan Poktan Karya Jasa. Tidak hanya poktan, sumber air bersih itu pun dapat dimanfaatkan warga RT 2 dan RT 3 dengan jumlah sebanyak 495 jiwa.

“Bantuan juga dapat dimanfaatkan untuk fasilitas umum, seperti sekolah maupun mushala di sekitar lokasi sumur bor dalam,” jelasnya.

Baca juga  KALTIM SIAP PEROLEH INSENTIF PENGURANGAN EMISI GAS RUMAH KACA

Bank Indonesia berharap, bantuan sumber air bersih ini dapat membantu mencukupi kebutuhan air, mendukung kelancaran program ketahanan pangan khususnya hortikultura. Kemudian, bisa meningkatkan taraf hidup dan kualitas hidup masyarakat serta kapasitas ekonomi masyarakat.

“Kami juga berharap agar bantuan sumber air bersih ini dapat dirawat dan dikelola dengan baik, sehingga dapat terus mendatangkan manfaat bagi masyarakat di Desa Rintik dan sekitarnya,” tutupnya. (dah)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana