Tahun ini Anggaran Hibah Pariwisata Naik Menjadi Rp 3,7 T

PROKALTIM- Anggaran hibah pariwisata akan naik menjadi Rp 3,7 T. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan dana hibah untuk sektor pariwisata tahun ini bakal naik dari tahun lalu. Ia menyebutkan kenaikan anggaran tersebut sudah diusulkan kepada Presiden Joko Widodo berserta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dikutip dari Dejournalindonesia.com
“Jadi naik estimasinya Rp2,7 triliun sampai Rp3,7 triliun. Itu yang telah kami ajukan, makanya Pak Menko ini penting dilobi oleh teman-teman PHRI karena bolanya ujungnya di menko perekonomian dan di presiden,” ujar Sandi dalam Rakernas PHRI, Kamis (18/3/2021).

Sandi mengatakan dana hibah pariwisata tahun lalu sudah tersalur Rp2,2 triliun atau sekitar 75 persen dari anggaran Rp3,3 triliun.

Baca juga  Haornas Berlangsung Meriah, Wapres Ma’ruf Amin: Gelorakan Membangun Keolahragaan Nasional

“Ini sudah tersalurkan ke 6.700 hotel dan 7.600 restoran di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Sandi juga berharap penyaluran dana hibah di tahun 2021 ini akan lebih baik lagi karena program tersebut sangat bermanfaat bagi bisnis di sektor pariwisata yang Saat ini kondisi berbagai destinasi wisata prioritas sendiri cukup sangat memprihatinkan.

Pasalnya, sudah lebih dari setahun sejak pandemi covid-19 di Indonesia kawasan-kawasan tersebut sangat sepi pelancong.

“Saya sangat prihatin sekali di destinasi-destinasi prioritas termasuk destinasi tulang punggung, Bali, Borobudur, Semarang sudah satu tahun (sepi). Jadi kita harus bangkitkan semangat mereka,” ucapnya.

Meski pun demikian, Sandi sangat optimistis bahwa disektor pariwisata akan segera bangkit mengingat hotel dan restoran merupakan bidang usaha yang cukup strategis. Selain itu, menurutnya, krisis juga menjadi momentum untuk menempa para pengusaha untuk menjadi lebih berkualitas.

Baca juga  Buruh Tolak Perpu Cipta Kerja Sabtu Ini, 10 Ribu Massa Akan Geruduk Istana Negara

“Seperti krisis 1997, 1998, 2008, 2009. Di 2007 saya berikan contoh ada lonjakan jumlah dan kualitas entrepreneur yang fantastis setelah global crisis. 57 persen pengusaha yang masuk daftar Fortune 500 adalah justru usaha yang lahir saat krisis,” pungkasnya.

Sumber berita: dejournalindonesia.com dengan judul yang telah terbit Sandiaga : Anggaran Hibah Pariwisata Akan Naik Menjadi Rp 3,7 T

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana