Wapres Minta Agar MES Dapat Aktif Dalam Membina dan Memberdayakan Ekonomi Pesantren

JAKARTA, PROKALTIM- Wakil Presiden Indonesi KH.Ma’ruf Amin meminta Agar Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), organisasi ekonomi berbasis syariat Islam ini menjadi penggerak ekonomi umat dan banyak memberikan solusi kepada persoalan muamalah yang dinilai belum maksimal saat ini.

Hal ini telah disampaikan Wapres saat meresmikan pelantikan jajaran Masyarakat Ekonomi Syariah atau  MES Pusat yang diketuai oleh Menteri BUMN Erick Thohir di Istana Wakil Presiden, Senin (22/3/2021).

Dikutip dari Bisnis.com Wapres menilai berbagai upaya pemberdayaan ekonomi umat oleh organisasi-organisasi Islam masih tertatih-tatih dan terkendala terbatasnya sumber daya, termasuk permodalan.

“MES sebagai organisasi keumatan diharapkan senantiasa konsisten menjadi lokomotif pengembangan ekonomi syariah di Indonesia yang diharapkan bisa lebih luwes dan membumi, menyentuh umat secara langsung,” ucapnya.

Baca juga  Pasca Bom Bunuh Diri, Polri Amankan Lima Bom Aktif Dan Tangkap 13 Terduga Teroris Di Jakarta-Makassar-NTB

Dalam pidatonya Wapres juga menyoroti soal pengembangan usaha, termasuk usaha mikro dan kecil, termasuk usaha keuangan agar didorong menjadi bagian dari rantai nilai industri halal global untuk memacu pertumbuhan usaha dan peningkatan ketahanan ekonomi umat.

“Dengan kemitraan ini diharapkan usaha besar dapat memberikan pendampingan dan pembinaan kepada usaha kecil dengan prinsip saling menguntungkan, membutuhkan, dan saling memperkuat,” Tuturnya.

MES juga diminta untuk mendorong pembangunan pusat-pusat inkubasi di sejumlah daerah dalam rangka penyemaian tumbuh dan berkembangnya pengusaha dalam berbagai tingkatan.

MES juga perlu mendorong pembangunan pusat bisnis syariah (sharia business center) yang didukung infrastruktur digital sebagai sarana interaksi antarpelaku bisnis syariah.

Baca juga  Produk Shunda Plafon Terbaik di Indonesia Hadir di Balikpapan

Selain itu, perlu diseriusi juga soal pengembangan potensi dalam menggerakkan ekonomi umat. “Saya sangat mengharapkan agar MES dapat aktif dalam membina dan memberdayakan ekonomi pesantren,” ungkap Wapres.

Selain Erick Thohir, ada beberapa pejabat duduk dalam struktur kepengurusan MES Pusat.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dipilih sebagai Wakil Ketua Umum I, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi sebagai Wakil Ketua Umum II, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia sebagai Wakil Ketua III.

Selain itu, Komisaris Independen PT Bank Muamalat Indonesia Iggi H. Achsien sebagai Sekretaris Jenderal dan Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai Bendahara Umum.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana