Search
Search
Close this search box.

Bank Indonesia Balikpapan Optimalisasi Penggunaan QRIS sebagai Media Transaksi UMKM

BALIKPAPAN, PROKALTIM – Dalam rangka mendorong penguatan dan peningkatan kualitas produk UMKM, Bank Indonesia Balikpapan kembali menggelar UMKM Digital Academy (UDA) Vol 3.3. Acara yang digelar secara virtual pada hari ini (3/4) merupakan kelanjutan dari serangkaian acara UDA yang telah dimulai sejak tahun 2020.

Setelah membahas tentang perencanaan keuangan UMKM pada webinar sebelumnya, kali ini tema yang dibahas adalah optimalisasi penggunaan QRIS sebagai media transaksi UMKM.

Acara ini dibuka oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Balikpapan, Sri Darmadi Sudibyo, dengan narasumber dari BPD Kaltimtara, Windras Indana Sasmita, BCA KCU Balikpapan, Rudi Hartono, LinkAja Kaltimtara, Aryo Agung Benardi, OVO Kaltim Andi Taufikurrahman, dan Gojek Wilayah Timur Indonesia, Mikael Onny Setiawan. Kegiatan diikuti lebih dari 200 peserta.

Baca juga  Rapat Paripurna DPRD Balikpapan, Pertanggungjawaban Wali Kota Balikpapan, Soal APBD 2020

“Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) merupakan standardisasi pembayaran menggunakan QR Code yang diinisiasi oleh Bank Indonesia, bekerja sama dengan industri sistem pembayaran untuk mewujudkan transasksi yang cepat, mudah, murah aman dan andal,” jelas Sri Darmadi Sudibyo.

Lebih lanjut, Sri Darmadi Sudibyo menyampaikan bahwa penggunaan QRIS memiliki berbagai manfaat bagi UMKM. Antara lain, menghindari adanya uang palsu dalam transaksi serta membantu pencegahan penyebaran Covid-19, karena transaksi dapat dilakukan tanpa kontak fisik. Selain itu, dengan menggunakan QRIS seluruh transaksi pembayaran tercatat sehingga memudahkan lembaga keuangan untuk memberikan akses pembiayaan untuk pengembangan usaha UMKM ke depannya.

“Bank Indonesia senantiasa melakukan upaya untuk mendukung peningkatan kapasitas UMKM melalui pelatihan, pendampingan, dan pemberian bantuan teknis. Dengan UMKM yang berdaya saing tinggi, diharapkan akan berdampak pada perekonomian Indonesia yang semakin maju,” ujarnya. (dah)

Baca juga  Satpol PP Serahkan Surat Peringatan Kedua Pengosongan Bangunan, Warga Melakukan Ini

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]