SMKN 4 Balikpapan Buka Jalur Zonasi/Reguler, Inilah Jumlah Kuotanya

Emilia Kepala SMK Negeri 4 Balikpapan. (Foto: Ato)

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Sejak penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antar kedua belah pihak, yaitu perjanjian kerjasama kelas industri perhotelan dan tata boga, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Balikpapan dengan Hotel Blue Sky Balikpapan.

Mulai Senin (27/6/2022) PPDB SMK Negeri 4 dengan jalur zonasi/reguler. Dengan petunjuk Teknis (Juknis) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 ini dengan jumlah kuota sebanyak 384 siswa.

SMK Negeri 4 Balikpapan, sekolah yang beralamat jalan Belibis Damai III Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan. Sekolah dengan jurusan, yakni Perhotelan, Tata Boga, Tata Kecantikan Kulit dan Rambut dan Tata Busana.

Kepala SMK Negeri 4 Balikpapan, Ibu Emilia mengatakan, di SMK Negeri 4 sendiri yang paling dominan adalah dengan jurusan Perhotelan dan Tata Boga. Tapi tidak menutup kemungkinan lulusan SMK harus terjun langsung di dunia kerja, karena SMK tersebut didorong untuk bekerja dan berwirausaha.

Baca juga  Hari Pertama PPDB Balikpapan Lancar, Orangtua Murid Keluhkan Situs

“Siswa SMK Negeri 4 Balikpapan, dengan jurusan Perhotelan diprioritaskan ingin bekerja di hotel dan jurusan Tata Boga sendiri ingin menekuni dunia Kuliner dengan membuka usaha sendiri,” kata Ibu Emila, kepada awak media, pada Senin (27/6/2022).

Ditanya seberapa banyak peluang di dunia kerja siswa setelah lulus SMK. “Siswa SMK Negeri 4 dapat bekerja di Hotel, Catering, salon, bekerja di lokasi bagian dapur, juga bekerja di pariwisata dan mereka di tempatkannya disitu.

Lanjutnya, lulusan SMK Negeri 4 Balikpapan hampir semua ditempatkan di hotel. Tapi banyak juga yang punya usaha sendiri dan tidak terikat kepada orang lain, seperti usaha wedding.

Sementara itu Ibu Emilia berharap kepada siswanya di kelas industri Perhotelan dan Tata Boga yang bekerjasama dengan Hotel Blue Sky Balikpapan, benar-benar mencetak lulusan siap dunia kerja.

Baca juga  Budiono Sebut Fraksi-Fraksi Minta Pembangunan Sekolah Ditingkatkan

“Sebagai salah satu wujud sinergi antara dunia industri dengan sekolah, dimana perkembangan industri yang sedemikian pesat menuntut sekolah untuk selalu senantiasa mengikuti apa perkembangan yang terjadi di industri,” ungkap Ibu Emilia.

Dia juga menyampaikan, agar kualitas lulusan SMK Negeri 4 Balikpapan semakin baik dan kompetensinya sejalan yang diinginkan. (to)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Share Berita

Berita Terkait

Ikuti Berita ProKaltim.com dari Media Sosial


Kaltim News

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana