Sarawak Tourism Board Tawarkan Wisata hingga Kesehatan dan Akan Kerja Sama dengan Disporapar Balikpapan

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Serawak Tourism Board (STB) menggelar promosi dan mengajak Masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim) khususnya Kota Balikpapan untuk berwisata ke Kuching Serawak Malaysia. STB akan bekerja sama promosi pariwisata oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Sarawak Malaysia, yang digelar di Hotel Grand Senyiur, pada Rabu (23/11/2022).

Director of Sarawak Tourism Board, Barbara Benjamin Atan mengatakan, tujuan kehadiran pihaknya dalam rangka mempromosikan sejumlah destinasi wisata dan rumah sakit yang ada di Sarawak Malaysia.

Dulu kita punya penerbangan langsung dari Balikpapan ke Kuching. Sekarang ada Kuching Umroh Gateway, diharapkan kita melalui Kuching membawa umroh ke Jedah hingga ke Madinah.

“Rencananya target kami Indonesia Filipna, Malaysia, Brunai, jadi ada rencana untuk penerbangan dari Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Makassar. Dan harapannya tahun depan,” ujarnya.

Pihaknya ditanya untuk potensi wisata Sarawak yang akan ditawarkan kepada warga Kota Balikpapan. Barbara Benyamin Atan mengatakan, ada banyak obyek-obyek wisata yang bisa dinikmati termasuk event yang di gelar.

“Yang ditawarkan di Sarawak, kami punya banyak festival tahun depan, pada 25-27 Juni di Serawak, itu salah satu acara festival yang paling besar, kami mengundang tamu-tamu dari Balikpapan untuk ke Kuching untuk kegiatan festival,” kata Barbara kepada awak media, pada Rabu (23/11/2022).

Baca juga  Telkomsel Ajak Pelanggan di Kutai Barat Migrasi Kartu USIM 4G Tetap dengan Nomor Sama

Dia juga menyampaikan, pihaknya selalu ke Pontianak hingga ke Jakarta, padahal di Kalimantan juga punya potensi. Seperti untuk wisatawan Sarawak ke Balikpapan dan wisatawan Balikpapan ke Sarawak juga.

“Jadi ada promosi dua kota tersebut, kami lihat kota-kota lain di Kalimantan punya potensi untuk juga berkunjung ke Serawak. Jadi kami lihat ada potensi wisatawan dari Samarinda dengan Balikpapan. Dan apalagi Kota Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,” ucapnya.

“Tindak lanjutannya, kami ingin mengundang agen-agen atau traveling dari sini Balikpapan ataupun media untuk ke Kucing, kira-kiranya bulan Juni untuk kegiatan festival,” ujar Direktur Marketing Serawak Tourism Board Barbara Benyamin Atan.

Direktur of Malaysia Healthcare Expo (MHTC) Indonesia, Farah Delah Suhaimi mengatakan, Malaysia menjadi salah satu tujuan wisata medis terkemuka di dunia.

Wisatawan medis asal Indonesia memiliki tingkat antusias yang tinggi berkunjung ke Sarawak. “Malaysia Healthcare menawarkan berbagai perawatan kesehatan terbaik dalam hal fasilitas maupun penanganan pasien,” ucapnya.

Baca juga  DPD IWAPI Kaltim Bantu Kembangkan Pelaku UMKM, Kekurangan SDM untuk Melayani Sekitar Ribuan Pekerja untuk dari Bagian Dapur

Layanan medis yang jadi unggulan adalah pengobatan kanker, penyakit jantung, tulang dan bayi tabung. “Bagi masyarakat Indonesia yang ingin melakukan pengobatan di Malaysia bisa menghubungi perwakilan kami yakni MHTC di Indonesia agar mendapat informasi yang lebih lengkap,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disporapar Kota Balikpapan, Ratih Kusuma mengapresiasi kunjungan STB Malaysia ke Balikpapan.

“Kita punya program event sementara antara Indonesia, tadi kita diskusi, bahwa kita punya event-event seperti Balikpapan fest, kita bisa mengundang dari Sarawak. Dan nanti kalau Sarawak ada event bisa mengundang kami, pastinya nanti akan ada kolaborasi untuk promosi wisata dua daerah ini,” kata Ratih.

Disisi lain, Ratih juga menjelaskan, ada beberapa kunjungan Sarawak ke Balikpapan, memang mereka ke wisata Bahari. “Yang lalu saya melihat di Tanjung Bayur Teritip, itu ada beberapa dari orang Malaysia, mungkin lebih ke wisata Bahari,” ujarnya.

“Jadi kita akan menyusur Teluk Balikpapan, apalagi dengan IKN Nusantara ini, jadi ada kelebihan-kelebihan yang bisa kita tonjolkan, seperti peran hutan mangrove, habitat Bekantan, pesut dan lainnya yang bisa kita ekspos,” ucapnya. (to)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Share Berita

Berita Terkait

Ikuti Berita ProKaltim.com dari Media Sosial


Kaltim News

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana